• Sabtu, 1 Oktober 2022

Lestarikan budaya, ratusan pencinta sepeda tua KOSTI Purworejo upacara HUT ke-77 RI di Polsa Kutoarjo

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 23:14 WIB
KOSTI Purworejo laksanakan upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Polsa Kutoarjo. (Foto: Dokumen Polsa Kutoarjo)
KOSTI Purworejo laksanakan upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Polsa Kutoarjo. (Foto: Dokumen Polsa Kutoarjo)

HARIAN MERAPI - Sebanyak 100 orang pencinta sepeda tua yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Pengkab Purworejo Jawa Tengah ikuti upacara HUT ke-77 RI di halaman kampus Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Kutoarjo, Rabu 17 Agustus 2022.

Ratusan anggota KOSTI Purworejo yang hadir di Polsa Kutoarjo itu memakai kostum khas yang sekilas mirip dengan pakaian pahlawan Indonesia Bung Tomo.

Upacara peringatan HUT ke-77 RI yang juga diikuti dosen, karyawan, dan mahasiswa Polsa Kutoarjo itu, berlangsung khidmat.

Baca Juga: Usai juara Piala AFF U-16, timnas Indonesia ditargetkan masuk lima besar Piala Asia U-17. Mungkinkah?

Menurut Ketua KOSTI Pengkab Purworejo, Dalimin, DPP KOSTI memang mengimbau semua anggota KOSTI untuk menggelar atau mengikuti upacara 17 Agustus di daerah masing-masing.

“DPP KOSTI mengimbau agar semua anggota menggelar atau mengikuti upacara peringatan kemerdekaan, baik di tingkat provinsi, kabupaten, hingga komunitas paling kecil di desa-desa,” ungkap Dalimin.

Usai upacara di kampus POLSA, rombongan KOSTI Purworejo pun gowes menuju ke makam Sawunggaling, mantan Bupati Kutoarjo pertama, sebelum kadipaten itu bergabung dengan Purworejo.

“Kami gowes ke makam Sawunggaling untuk napak tilas sejarah dan sekaligus nyekar dan mengirim doa untuk beliau dan juga pahlawan lain yang makamnya berada di sekeliling makam beliau,” tutur Dalimin.

Tidak adanya kegiatan besar selama dua tahun pandemi pun membuat upacara kemerdekaan tahun ini dimaknai dengan istimewa.

Halaman:

Editor: Jarot Sarwosambodo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X