• Selasa, 19 Oktober 2021

Lurah Senen Ingin Wujudkan Nglanggeran Jadi Kawasan Wisata dan Ekonomi Produktif

- Rabu, 15 September 2021 | 20:20 WIB
Lurah Nglanggeran, Senen. (Istimewa)
Lurah Nglanggeran, Senen. (Istimewa)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Nglanggeran menjadi salah satu kalurahan di Kapanewon Patuk merupakan kawasan wisata yang memiliki banyak potensi alam. Sumber daya alam ini sangat layak untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata andalan.

Salah satu objek wisata yang telah dikenal masyarakat luas yakni Gunung Api Purba. Bukan hanya di wilayah DIY, tetapi sudah tersohor hingga luar daerah.

Agar tidak terjadi penurunan jumlah pengunjung, Pemerintah Kalurahan Nglanggeran terus berupaya dan berinovasi mengembangkan berbagai objek wisata disekitarnya.

Baca Juga: Pandemi dan Pilihan Menjadi YouTuber

Lurah Nglanggeran, Senen menjelaskan, pengunjung objek wisata dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hanya saja saat terjadi pandemi Covid-19 mengalami penurunan yang sangat drastis.

“Wisatawan yang datang ke Nglanggeran sebenarnya sangat banyak terutama mereka tertarik keberadaan Gunung Api Purba. Namun, pandemi Covid-19 berimbas sangat besar terhadap jumlah kunjungan. Memang kejadian ini tidak hanya di Nglanggeran, tetapi diseluruh objek wisata termasuk bisnis sektor wisata lain,” kata Senen di kantornya, Rabu (15/9/2021).

Dijelaskan, untuk menyambut wisatawan ke depan, pihanya terus melakukan penataan lingkungan dan megembangkan objek wisata baru apabila situasi pandemi berangsur-angsur pulih. Sehingga pengunjung yang sempat tertunda menikmati suasana alam pedesaan dan mendaki ke Gunung Api Nglanggeran menjadi lebih puas.

Baca Juga: Kisah dan Pesona Ratu Kalinyamat 2: Kehadiran Raden Toyib Membuat Hati Berdebar-debar

Langkah ini ditempuh sekaligus untuk membangkitkan sendi-sendi perekonomian ditengah masyarakat termasuk keberadaan ekonomi kreatif melalui Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Pemanjat berlatih di tebing batuan Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. (Foto: Antara)

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X