• Selasa, 19 Oktober 2021

Pandemi Covid-19 Memukul UMKM dan IKM, Butuh Bantuan Pemkab untuk Memasarkan Produknya

- Minggu, 12 September 2021 | 20:01 WIB
Produk lokal membutuhkan kebijakan daerah untuk kembali bangkit pada masa pandemi Covid-19. (Foto ANTARA/Sutarmi)
Produk lokal membutuhkan kebijakan daerah untuk kembali bangkit pada masa pandemi Covid-19. (Foto ANTARA/Sutarmi)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul diharap membantu memasarkan dan mempromosikan produk lokal agar dapat bangkit pada masa pandemi Covid-19.

Menurut Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Gunungkidul Joko Pitoyo di Gunungkidul, Minggu (12/9/2021), pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) terkena dampak cukup berat adanya pandemi Covid-19 ini.

"Melihat kondisi yang ada saat ini, berbagai usaha mengalami penurunan sebagai dampak pandemi Covid-19. Kami membutuhkan semangat dan kerja sama dengan berbagai pihak serta dukungan dari pemkab. Dengan campur tangan pemkab dapat membuat kebijakan yang lebih memihak kepada anggota Kadin sehingga berdampak pada tingkat kesejahteraan masyarakat," kata Joko Pitoyo.

Baca Juga: Ini yang Perlu Dilakukan Jika Mengalami 'Long Covid-19'

Menurutnya, kebijakan pemkab yang berpihak kepada pelaku usaha lokal dan produk lokal akan memberi peluang bagi anggota Kadin untuk berkontribusi dalam pembangunan karena kapabilitas tidak kalah dengan lainnya.

Hal lain yang disampaikan anggota dari sektor furnitur mengungkapkan hendaknya ada satu kebijakan pemerintah produk jadi, bukan bahan baku mentah. "Dengan adanya kebijakan pemerintah tersebut harapanya dapat memperkuat serapan pasar lokal," katanya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengapresiasi langkah dan upaya yang dilakukan Kadin Gunungkidul. Pemkab Gunungkidul melalui Disperindag telah melakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk memasarkan produk lokal Gunungkidul melalui media sosial.

Baca Juga: Masyarakat Makin Semangat, Ekonomi Kreatif Bantul Dipromosikan ke Amerika Serikat

Namun demikian, bupati mengakui kondisi pandemi Covid-19 ini menyebabkan daya beli masyarakat mengalami penurunan. Hal ini berdampak pada permintaan pasar yang cenderung menurun.

"Kami akan berusaha membantu memasarkan produk lokal Gunungkidul dan mempromosikannya. Semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir, dan perekonomian masyarakat pulih kembali dan daya beli masyarakat kembali baik," harapnya. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X