• Selasa, 19 Oktober 2021

Budi Daya Maggot Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Warga Dusun Salam

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 19:22 WIB
Bupati Gunungkidul Sunaryanta meninjau budi daya Magot di Dusun Salam, Kecamatan Patuk, Selasa (24/8/2021)  ( ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunung Kidul)
Bupati Gunungkidul Sunaryanta meninjau budi daya Magot di Dusun Salam, Kecamatan Patuk, Selasa (24/8/2021) ( ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunung Kidul)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Warga di Dusun Salam, Kecamatan Patuk, Kabupaten GunungKidul, DIY, sukses membudidayakan Maggot.

Maggot atau belatung memiliki nilai ekonomi tinggi, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Salah seorang pelopor budi daya maggot, Kusdiana, Selasa (24/8/2021, mengatakan warga di Dusun Salam sudah membudidayakan maggot sejak empat tahun terakhir.

"Budi daya maggot terus berkembang dengan pesat, sehingga mampu memberikan dampak kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Baca Juga: Kustini Ajak Warga Mencintai dan Menkonsumsi Buah Lokal

Maggot merupakan larva dari lalat black soldier fly (Hermetia Illucens, Stratimydae, Diptera) atau BSF. Dari aspek ekonomi, maggot merupakan alternatif bahan pakan sumber protein yang tinggi energi untuk dijadikan pakan ternak seperti ikan, ayam, burung.

Kusdiana yang pernah mengenyam pendidikan di ITB itu, awal membudidayakan maggot ikut memberikan edukasi kepada warga masyarakat yang akhirnya tertarik hingga terbentuk kelompok budi daya.

"Hasil dari budi daya maggot ini pun memiliki nilai ekonomis yang tinggi selain harganya yang mahal, terlebih telur maggot yang mampu menembus harga Rp5 juta per kilogram," kata Kusdiana.

Baca Juga: Tempat Hiburan di Pati Ditutup, Marak BO dan PK Gadaikan Kendaraan

Pakan maggot diperoleh dari berbagai hasil limbah rumah tangga. Sehingga tidak mengalami kendala. Kelompok yang aktif dalam pengolahan limbah untuk potensi makan maggot dan lele serta pupuk harapanya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan dengan dukungan dari pemkab agar dapat lebih meningkat.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X