• Selasa, 19 Oktober 2021

Ketua DPRD Gunungkidul Deklarasi ‘Blanja Warung Tangga’ untuk Gerakkan Perekonomian Masyarakat dan Usaha Kecil

- Senin, 13 September 2021 | 20:24 WIB
Ketua DPRD Gunungkidul berbelanja di warung tetangga. (Foto: Bambang Purwanto)
Ketua DPRD Gunungkidul berbelanja di warung tetangga. (Foto: Bambang Purwanto)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih SE mendeklarasikan gerakan 'blanja warung tangga' (berbelanja di warung tetangga) dan mengajak seluruh kalangan masyarakat agar berbelanja atau membeli dari warung-warung yang dikelola warga.

Dengan gerakan ini, diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian, khususnya di kalangan masyarakat bawah di tengah menghadapi masa pandemi Covid-19.

“Dengan blanja warung tangga perputaran uang bisa langsung menyasar ke masyarakat pedagang kecil,” katanya, Senin (13/9/2021).

Baca Juga: Aneka Manfaat Daun Jangkang, Dari Atasi Salah Urat Hingga untuk Kesehatan Rambut

Selama masa pandemi Covid-19, banyak sekali keluhan pelaku usaha kecil terutama pedagang kecil atas lambatnya perekonomian yang menyebabkan dagangan mereka tidak laku. Banyak orang yang memilih berbelanja ke swalayan atau supermarket atau menggunakan online.

Banyak warung-warung kecil semakin terpuruk hingga berinisiatif untuk mencanangkan gerakan blanja warung tangga. Dengan gerakan saling membantu ini jika dilakukan secara massif, roda perekonomian akan lebih cepat bergeliat.

“Nglarisi tetangga justru sangat bagus untuk membantu perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga: Program Mina Padi Kolam Dalam Signifikan, KPI Mina Makmur Panen Ikan Nila

Terkait dengan kegiatan yang dicanangkan, pihaknya mengajak seluruh warga Gunungkidul baik ASN, serta pejabat pemerintahan lainnya melakukan gerakan kecil ini bersama-sama. Program blanja warung tangga ini sebagai bentuk semangat kebersamaan dalam membangkitkan ekonomi kerakyatan dan harus dipahami, gerakan ini sebagai bentuk gotong royong untuk membangkitkan ekonomi satusama lainnya.

Di tengah situasi sulit harus saling membantu. Toko jejaring, swalayan, mini market sekarang ini banyak bermunculan di Gunungkidul. Hal ini menjadi salah satu pesaing bagi warung kecil. Jika tidak disikapi maka warung kecil akan semakin terpuruk dan toko-toko besar justru semakin berjaya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X