• Kamis, 2 Desember 2021

Buah Semangka Sangat Disukai Nabi Muhammad karena Mencegah Hipertensi dan Kanker Prostat

- Jumat, 26 November 2021 | 09:41 WIB
Buah semangka mempunyai nilai gizi dan berperan mendukung kesehatan.  (Foto: Sulistyanto)
Buah semangka mempunyai nilai gizi dan berperan mendukung kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com – Keberadaan buah-buahan tak dapat dipandang sebelah mata. Selain memiliki kandungan gizi, bisa pula digunakan sebagai terapi alami.

Salah satunya, yakni buah semangka. Dalam bahasa Arab semangka biasa disebut baththikh. Sejumlah Hadist, bahkan menyebutkan seputar buah semangka.

Satu di antaranya dalam Hadist Riwayat (HR) Abu Dawud, dengan arti sebagai berikut: ”Di antara buah-buahan yang disukai Nabi Muhammad adalah anggur dan semangka.”

Baca Juga: Kunyah Daun Kemangi Selama Tiga Menit, Ini Manfaat Kesehatan yang Didapat

Ada lagi dalam HR Ibnu Majah dan Tirmidzi, dengan arti sebagai berikut: ”Nabi Muhammad biasa memakan semangka dengan buah kurma matang yang segar.”

Hal ini semakin menguatkan, antara lain, buah semangka tak bisa dipandang sebelah mata, sudah lama dimanfaatkan untuk mendukung kesehatan dan lokasi budidayanya tersebar di berbagai belahan dunia.

Semakin berkhasiat lagi jika buah semangka berasal dari tanaman yang dibudidayakan secara organik, seperti menghindarkan pupuk sampai obat-obatan berbahan kimia.

Baca Juga: Tips Memeram Buah Mangga Agar Matang Sempurna

Terutama kandungan potasium dalam daging semangka antara lain bisa dimanfaatkan sebagai terapi alami untuk mencegah serta melawan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Memeram Buah Mangga Agar Matang Sempurna

Selasa, 23 November 2021 | 09:10 WIB

Manfaat Kacang Tanah Sebagai Sumber Antioksidan

Jumat, 19 November 2021 | 08:57 WIB
X