• Selasa, 16 Agustus 2022

Musim Durian Tiba, Simak Kandungan Nutrisi Buah Durian yang Disebut Kelas Bintang 5

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 16:40 WIB
Buah durian memiliki banyak manfaat yang masih jarang diketahui.  (Foto: Arif Septoro Riza Marzuqi)
Buah durian memiliki banyak manfaat yang masih jarang diketahui. (Foto: Arif Septoro Riza Marzuqi)

JOGJA,harianmerapi.com - Buah durian masih menjadi favorit bagi sebagian orang di Indonesia. Selain karena rasanya yang lezat, buah durian juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak.
Dikutip dari laman resmi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI, beberapa ahli menyebut kandungan nutrisi buah durian ini berkelas bintang lima.

Hal ini nampaknya betul, karena buah durian ini memiliki berbagai manfaat yang terkandung dalam banyaknya nutrisi. Buah durian merupakan komoditi yang banyak ditemui di Indonesia dan Asia Tenggara, seperti Malaysia, dan Thailand.

Saat tiba musim buah durian, banyak kita temui pedagang di pinggir jalan dan memudahkan kita mendapatkan buah durian.

Buah dengan kulit yang tebal ini biasanya berbuah musiman, meski begitu saat ini sudah banyak dikembangkan jenis buah durian yang tidak mengenal musim.
Sehingga buah durian masih bisa kita dapatkan setiap waktu di toko khusus penyedia buah durian.

Baca Juga: Daftar Manfaat Buah Durian yang Jarang Diketahui, Nomor 3 Membantu Berhenti Merokok

Aroma buah durian yang khas seringkali membuat sebagian orang tidak nyaman. Sehingga wajar jika di tempat tertentu seperti hotel, tidak diperbolehkan membawa buah ini.
Apa saja nutrisi yang terkandung dalam buah durian? Berikut daftar nutrisi buah durian yang dirangkum harianmerapi.com dari laman Kementerian Pertanian:

Di dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kandungan nutrisi dalam buah durian di antaranya vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6.

Namun selain itu, buah durian diketahui juga mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Kandungan nutrisi tersebut ada di dalam buah durian selain kandungan gizi yang umum yakni karbohidrat, lemak tak jenuh dan protein.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Durian untuk Pencernaan, Salah Satunya Membantu Diet

Phytonutrient diakui dapat memberikan manfaat bagi pemeliharaan kesehatan bersama dengan vitamin, mineral dan serat. Phytonutrient dipercaya mampu menonaktifkan zat penyebab kanker, meningkatkan sistim kekebalan tubuh, dan mencegah katarak.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mi Hot Plate, Lezat Disantap Saat Masih Panas

Senin, 16 Mei 2022 | 20:56 WIB

Manfaat Yogurt untuk Tubuh Saat Berpuasa

Kamis, 28 April 2022 | 17:15 WIB
X