• Senin, 27 Juni 2022

Tidak Ada Mantan Anak 7: Ayah Meninggal, Anak Hanya Lulus SMP dan Harus Jadi Penjual Jamu Gendong

- Minggu, 5 Desember 2021 | 16:55 WIB
Tinuk terpaksa menjadi penjual jamu gendong           (Ilustrasi Sibhe)
Tinuk terpaksa menjadi penjual jamu gendong (Ilustrasi Sibhe)

harianmerapi.com - Setelah berjuang melawan sakit selama berbulan-bulan, akhirnya Pak Barjo harus menyerah. Ia menghembuskan nafas terakhir.

Kehidupan makin berat karena ayah meninggal. Bu Barjo sang istri berbalik menjadi penopang ekonomi keluarga dengan menjadi penjual jamu gendong, sementara Tinuk sang anak baru saja menyelesaikan sekolah di SMP.

Tidak banyak orang yang melayat, karena para relasi Pak Barjo di masa kejayaannya sudah putus komunikasi. Hanya warga sekitar, tetangga dekat keluarga Barjo yang turut melepas hingga ke liang lahat.

Baca Juga: Hamil Setelah Menyelamatkan Sidat Mengkilat Berwarna Perak

Usai upacara pemakaman, suasana sepi yang kini dirasakan Bu Barjo. Ada rasa kehilangan yang teramat sangat, sekalipun selama mengarungi biduk rumah tangga banyak kekecewaan dan kesedihan dialaminya.

Tapi bagaimana pun, Pak Barjo adalah ayah dari Tinuk, putri semata wayang mereka yang kini menjadi satu-satunya harapan Bu Barjo.

Berbeda dengan Tinuk, yang seolah tidak begitu menghiraukan atas kematian ayahnya. Bagi Tinuk, ada atau tidak ada Pak Barjo, seolah tidak ada bedanya.

Baca Juga: Hantu Jamu Gendong Gentayangan di Jembatan Tempat Ia Dibunuh Preman

Tak disadari Tiduk, bahwa kehidupan keluarganya semakin berat. Dan betapa kecewanya Tinuk, ketika harus menghentikan sekolahnya hanya sampai di tingkat SMP. Keadaan yang memaksa Tinuk tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMA.

Uang tabungan Bu Barjo yang semula dimaksudkan untuk kebutuhan pendidikan Tinuk, ternyata tidak sempat terkumpul lantaran keburu habis untuk biaya pengobatan Pak Barjo.

Dan cobaan sepertinya tidak berhenti sampai di sini. Kini giliran Bu Barjo yang sakit-sakitan, sehingga jarang bisa berkeliling untuk berjualan jamu. Padahal perut harus diisi setiap hari.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X