Enam manfaat dzikrullah bagi umat Islam, di antaranya menambah keteguhan hati

- Rabu, 2 November 2022 | 05:30 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si (Dok Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si (Dok Pribadi)

HARIAN MERAPI - Terdapat banyak manfaatd dzikrullah bagi umat Islam yang melakukannya setiap hari.

Selain berguna untuk mengembangkan kualitas diri, juga membantu menambah pundi-pundi pahala dan kesejukan bagi jiwa yang sedang gundah. Di antara manfaat itu adalah;

Pertama, menambah keteguhan hati. Dzikir adalah membuat hati kuat, menghasilkan keyakinan dan keteguhan hati.

Baca Juga: Lima etika bermusyawarah dalam Islam, di antaranya bersikap lemah lembut

Manusia yang cenderung mudah berkeluh kesah dan berputus asa dari rahmat Allah akan tampil sebagai pribadi yang tangguh dan tegug pendirian karena rutin berdzikir kepada Allah SWT setiap harinya.

Hal ini dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an sebagai berikut: “Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung,” (QS. Al-Anfal; 8:45).

Kedua, dilancarkan rezekinya. Sebagai manusia yang beragama, ada baiknya untuk selalu bersyukur dan mengingat-Nya dalam setiap kesempatan.

Salah satu cara menyematkan puji syukur kepada-Nya adalah dengan berdzikir. Salah satu cara terbaik untuk meminta rezeki kepada Allah SWT adalah dengan berdoa dan berzikir.

Karena sejatinya, rezeki bagi seseorang tidak hanya dicari, namun juga harus didoakan.

Sebagaimana firman Allah SWT: “Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al-Jumah; 62:10).

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sikap Muslim terhadap Al Qu’ran

Rabu, 1 Februari 2023 | 06:17 WIB
X