• Senin, 27 Juni 2022

Beberapa Kelebihan Umat Islam dalam Menjaga Keserasian dan Keseimbangan Hidup

- Jumat, 17 Desember 2021 | 05:30 WIB
 Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)

harianmerapi.com - Dalam tataran ideal, manusia senantiasa menghendaki adanya keserasian dan keseimbangan (equilibrium) dalanm hidup dan kehidupannya.

Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala: “Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang tengah, agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu.” (QS. Al-Baqarah, 2:143).

Dalam menafsirkan ayat ini, Buya Hamka menjelaskan bahwa umat Islam adalah umat yang menempuh jalan tengah, menerima hidup dalam keadaannya.

Baca Juga: Bukan Cinta Sejati 4: Pacaran Hingga Tengah Malam Jadi Bahan Gunjingan Tetangga. Orang Tua yang Risih

Percaya kepada akhirat, lalu beramal di dalam dunia ini. Mencari kekayaan untuk membela keadilan, mementingkan kesehatan ruhani dan jasmani karena kesehatan yang satu akan bertalian dengan yang lain.

Mementingkan kecerdasan pikiran, tapi dengan menguatkan ibadah untuk menghaluskan perasaan. Dalam praktik ibadah, betapa ajaran Islam syarat dengan simbol-simbol kehidupan seimbang itu.

Dalam shalat, umpamanya, terjadi keseimbangan yang serasi yang menggabungkan antara gerak raga dan gerak jiwa.

Baca Juga: Ki Ageng Makukuhan Alias Sunan Kedu 11: Petilasannya Masih Menjadi 'Punden' dan Dihormati

Umat Islam menjadi umat yang pertengahan dan mampu menjadi saksi bagi umat-umat yang lainnya, karena mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya:

Pertama; seimbang antara imu dan amal. Tidak boleh hanya menekankan pada ilmu saja, tanpa diimbangi dengan amal perbuatan yang nyata dalam kehidupan ini, sebagaimana firman-Nya : “Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan. “ ( QS. Ash-Shaf, 61:2-3).

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Kunci Masuk Surga

Senin, 20 Juni 2022 | 05:30 WIB

Keadilan Sosial, Konsep dan Nilai Positifnya

Jumat, 3 Juni 2022 | 06:08 WIB
X