• Selasa, 9 Agustus 2022

Pentingnya Doa Dalam Kehidupan Umat Muslim, Ini Tiga Keuntungan yang Didapat

- Senin, 15 November 2021 | 05:00 WIB
 Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)

harianmerapi.com - Manfaat doa dalam diri setiap muslim sangat besar, sebagaimana Sabda Rasulullah Muhammad Shallallaahu’alaihi Wa Sallam : ”Doa itu adalah otak ibadah”. (HR. Bukhari).

Doa menurut istilah ialah memohon sesuatu terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dapat dikatakan bahwa doa adalah senjata bagi umat muslim. Seseorang yang tidak pernah berdoa berarti dia adalah orang yang sombong.

Sejatinya manusia itu lemah dan pasti butuh bantuan dari Allah Ta’ala, sebagaimana firman-Nya : “Dan Tuhanmu berfirman : Berdoalah kamu sekalian kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkan doamu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah Aku, kelak mereka akan memasuki Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina”. (QS. Ghafir, 40:60).

Baca Juga: Pernikahan yang Tak Direstui 25: Orang Tua Sudah Lama Memaafkan

Oleh karena itu doa sangatlah penting untuk dilakukan setiap hari, bahkan setiap saat bagi hamba-hamba Allah yang bertakwa kepada-Nya.

Dalam kehidupan seorang muslim, sesungguhnya terdapat banyak manfaat atau keuntungan yang dapat dipetiknya, manakala ia rajin dan tekun berdoa serta bermunajat kepada Allah SWT.

Di antara keuntungan itu antara lain; Pertama, doa mampu mengubah takdir seseorang. Kekuatan doa itu sangat luar biasa dan tidak boleh diremehkan.

Baca Juga: Arwah Saudara Kembar Menjahit Gaun Baru Buat Lebaran

Dijelaskan dari Tsauban RA, Rasulullah Muhammad SAW bersabda: “Tidak ada yang dapat mencegah takdir, kecuali doa. Tidak ada yang dapat menambah umur, kecuali kebaikan. Dan seseorang benar-benar akan dihalangi dari rezeki, disebabkan oleh dosa yang diperbuatnya.” (HR. Al-Hakim).

Jadi semisal ketika seseorang yang beriman sedang menghadapi suatu perkara yang secara akal sehat dan nalar tampaknya tak mungkin dirubah, cobalah berdoa berserah diri kepada-Nya. Mintalah apa yang dinginkan itu. Insya Allah Sang Maha Pengabul Doa akan kabulkan doanya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X