• Kamis, 26 Mei 2022

Enam Sikap Muslim yang Harus Dilakukan Terhadap Al Quran

- Jumat, 19 November 2021 | 05:00 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)

AL QURAN bagi seorang Muslim diyakini merupakan Kitab Suci yang paling terpelihara keasliannya, sebagaimana firman-Nya: “Kami telah menurunkan Al Quran dan Kami pulalah yang akan memeliharanya”. (QS. Al-Hijr, 15:9).

Kata “Qur’an” digunakan sebagai nama Kitab Suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang berfungsi sebagai hudan, artinya petunjuk bagi kehidupan manusia dalam mengarungi hidup ini (QS. Al-Baqarah, 2:2)

Dan sebagai furqon, artinya pembeda antara yang baik dengan yang buruk, yang halal dengan yang haram, yang salah dengan yang benar, yang indah dengan yang jelek, dan yang dapat dilakukan dengan yang dilarang (QS. Al- Baqarah, 2:185).

Baca Juga: Rumahku Bukan Surgaku 4: Dirasuki Nafsu Setan, Pembantu pun Diperkosa

Sedangkan secara istilah, Al Quran adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantaraan Malaikat Jibril dalam bahasa Arab untuk menjadi petunjuk bagi manusia sepanjang masa.

Setidaknya ada enam sikap seorang Muslim yang harus dilakukan terhadap Kitab Suci Al Quran sebagai Kitab Suci.

Pertama, meyakini kebenaran Al-Qur’an. Ini adalah kata kunci bagi setiap Muslim, sebagaimana firman-Nya: “Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa”. (QS. Al-Baqarah, 2:2).

Baca Juga: Muhammadiyah Berperan Besar Dalam Penanganan Covid-19, Jokowi : Tetap Jaga Indonesia

Kedua, membaca Al Quran. Setelah meyakini kebenarannya maka umat Islam diperintahkan untuk membacanya. Firman Allah SWT: “Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah”. (QS Al-‘Alaq, 96:3).

Iqra’ di dalam ayat ini berarti bacalah, telitilah, dalamilah, ketahuilah ciri-ciri ciptaan-Nya, bacalah alam sekitar, bacalah tanda-tanda zaman, sejarah perjalanan hidup manusia, diri sendiri, baik yang tertulis (ayat-ayat qauliyah) maupun tidak tertulis (ayat-ayat kauiniyah).

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengembangan Sifat Bawaan Manusia

Jumat, 20 Mei 2022 | 06:03 WIB

Etos Kerja dalam Islam

Sabtu, 14 Mei 2022 | 05:30 WIB

Pernyataan Keimanan dalam Tuntunan Islam

Jumat, 6 Mei 2022 | 06:38 WIB
X