• Kamis, 18 Agustus 2022

Sepuluh Janji Allah Kepada Umat-Nya, Salah Satunya Pahala yang Sempurna Bagi Orang-orang yang Sabar

- Minggu, 19 Juni 2022 | 05:30 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok Pribadi)

harianmerapi.com - Al Quran sebagai firman Allah telah memberikan banyak janji mulia dan istimewa yang ditawarkan kepada umat-Nya yang memiliki keimanan dan ketaqwaan, baik janji-janji di dunia maupun janji-janji di akhirat.

Dan janji-janji itu pasti terlaksana, sebagaimana firman-Nya:

“Dan orang yang beriman dan mengerjakan amal kebajikan, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Dan janji Allah itu benar. Siapakah yang lebih benar perkataannya daripada Allah?” (QS. An-Nisa’; 4:122).

Baca Juga: Lima Kekuatan Generasi Qur’ani, Salah Satunya Quwwatul ‘Aqidah

Allah SWT dalam Al Quran memberikan sepuluh janji yang pasti terlaksana kepada orang-orang yang beriman;

Pertama, menjanjikan kesabaran dengan pahala. Sabar merupakan salah satu kekuatan orang-orang beriman dalam menghadapi berbagai tantangan hidup. Firman Allah SWT:

“Katakanlah (Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu.” Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas”. (QS. Az-Zumar; 39:10).

Kedua, menjanjikan syukur dengan tambahan nikmat. Syukur nikmat merupakan akhlak alkarimah yang menjadikan seseorang dapat memahami kesempurnaan ciptaan-Nya.

Firmn Allah SWT: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim; 14 :7).

Baca Juga: Enam Cara untuk Meningkatkan Kehormatan Diri Supaya Dalam Hidup Memiliki Martabat yang Tinggi

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X