• Kamis, 30 Juni 2022

Empat Pola Asuh Orang Tua dalam Mendidik Anak, dan Kecenderungan Efeknya Terhadap Karakter Anak

- Senin, 13 Desember 2021 | 06:08 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)

harianmerapi.com - Setiap pola asuh orang tua akan memberi efek yang berbeda terhadap karakter anak. Setidaknya ada empat model pola asuh orang tua yang sering dipraktikkan  dalam keluarga modern; yaitu:

Pertama, pola asuh authoritarian yang merupakan bentuk poa asuh kaku dan menghambat pengembangan potensi diri anak. Kemandirian dan pengembangan diri anak tidak didukung dan tidak dikembangkan.

Sebagai konsekuensinya, anak merasa frustrasi, kecewa, dan marah, serta menjadi tidak berkembang, tergantung dan mempunyai rasa percaya diri yang rendah.

Baca Juga: Tidak Ada Mantan Anak 21: Membuka Luka Lama Saat Tahu Jati Diri Anak Kandung yang Pernah Ditinggalkannya

Pada akhirnya, suasana emosi negatif yang merugikan ini dapat mempengaruhi harga diri dan konsep diri anak. Anak sulit untuk dapat berkembang secara wajar akibat perlakuan yang kurang tepat dari kedua orang tuanya.

Kedua, pola asuh permissive-indulgent yakni pola asuh yang memiliki kontrol rendah dan kemarahan tinggi. Dengan pola asuh ini, remaja memiliki kekuasaan penuh dan tidak ada konsekuensi untuk mengabaikan permintaan orang tua.

Orangtua mengharapkan anaknya untuk kreatif dan mengeksplorasi keadaan tanpa memberikan jenis batasan.

Baca Juga: Cerita Horor Lewat Jalan Angker Diantar Manusia Bermotor Tanpa Kepala

Oleh karena itu, remaja cenderung lebih kreatif, akan tetapi mengakibatkan remaja menjadi impulsif secara verbal dan mengarah kepada perilaku agresif.

Remaja memiliki kepercayaan bahwa orangtua tidak memberikan perhatian dan mengarahkan pada bagaimana seharusnya berperilaku.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Kunci Masuk Surga

Senin, 20 Juni 2022 | 05:30 WIB

Keadilan Sosial, Konsep dan Nilai Positifnya

Jumat, 3 Juni 2022 | 06:08 WIB
X