• Sabtu, 29 Januari 2022

Menanamkan Kedisiplinan pada Anak, Ini Aspek-aspek yang Harus Diperhatikan Orang Tua

- Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Puro, M. Si. (Foto: Istimewa)
Dr. H. Khamim Zarkasih Puro, M. Si. (Foto: Istimewa)

harianmerapi.com - Menanamkan kedisiplinan adalah metode di mana masyarakat menanamkan pada anak-anak perilaku moral yang dapat diterima oleh kelompok sosialnya.

Ketika disiplin dimaknai sampai pada pengertian tentang batas-batas kebebasan dari tindakan yang boleh atau tidak boleh dilakukan, disiplin anak terlihat pada diri anak-anak yang berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku di dalam komunitasnya.

Orang tua secara bertahap mengajarkan kedisiplinan ini pada anak-anak mereka supaya mereka kelak bisa menjadi pribadi yang well adjusted person. Disiplin umumnya dikaitkan dengan keadaan tertib, yang didefinisikan sebagai keadaan di mana perilaku seseorang mengikuti pola yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Cerita Horor Kamar Nomor Terakhir di Sebuah Penginapan

Kedisiplinan sering disebut sebagai kebajikan yang sangat penting di masa masa kanak-kanak. Anak-anak yang didisiplinkan sejak dini akan dibiasakan sampai mereka mencapai kedewasaannya.

Orang tua dapat mengajari anak-anak mereka kepatuhan pada disiplin dengan memberi mereka perintah yang baik yang dapat mereka ikuti dengan mudah. Jika orang tua memerintahkan anak-anak dengan cara berteriak dan kasar, mereka tidak akan patuh dan akan menjadi pribadi yang berontak dan melawan.

Keisiplinan memiliki beberapa aspek, di antaranya meliputi: 1) peraturan, 2) sanksi; akibat kesalahan atau pelanggaran, seseorang diberikan hukuman, 3) pengakuan; hadiah diberikan sebagai pengakuan atas hasil yang sukses, seperti prestasi atau perilaku positif, dan 4) keandalan.

Baca Juga: Tidak Ada Mantan Anak 3: Rentetan Penderitaan Berujung Kebahagiaan

Akan bermanfaat jika anak-anak kemudian dapat menggunakan disiplin dalam kehidupan sehari-hari dan menularkannya kepada lingkungan terdekatnya.

Kedisiplinan ditandai dengan adanya identitas seseorang yang mengikuti aturan atau peraturan dengan baik, yang meliputi: 1) menjalankan aturan dengan baik; 2) mematuhi peraturan sekolah; dan 3) mematuhi instruksi terkait sekolah.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Remaja Belajar dari Lingkungan Sosialnya

Senin, 10 Januari 2022 | 05:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur, Penting Diketahui untuk Insomnia

Selasa, 21 Desember 2021 | 00:38 WIB

Lima Rahasia Keberhasilan Dakwah Nabi Muhammad SAW

Rabu, 8 Desember 2021 | 05:00 WIB
X