• Kamis, 18 Agustus 2022

Enam Cara untuk Meningkatkan Kehormatan Diri Supaya Dalam Hidup Memiliki Martabat yang Tinggi

- Kamis, 16 Juni 2022 | 05:30 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)

harianmerapi.com - Kehormatan diri atau harga diri seseorang harus dipelihara agar dapat diterima masyarakat sebagaimana mestinya dan juga terhormat di hadapan Allah SWT.

Tidak ada seorang pun selain dirinya sendiri yang dapat memelihara kehormatan dirinya, mengingat kehormatan itu melekat pada dirinya.

Dengan kata lain, kehormatan diri adalah sesuatu yang telah mempribadi pada seseorang yang senantiasa akan dinampakkan ketika berkomnikasi denan orang lain.

Baca Juga: Pemimpin yang Zalim 78: Suami Trenyuh Membaca Ungkapan Isi Hati Istri di Buku Harian

Seseorang yang berkepribadian baik akan mendapat perlakuan yang wajar dari masyarakat, apapun aktifitas yang dilakukan senantiasa mendapatkan apresiasi yang positif dan orang lain selalu siap memberikan dukungan baik secara finansia maupun non-finansial.

Itulah yang disebut dengan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Dalam berinteraksi dengan orang lain, untuk menjaga kehormatan, seorang muslim harus selalu menghiasi dirinya dengan sifat-sifat terpuji (akhlak al-karimah).
Setiap perbuatan yang tercela akan melahirkan akibat buruk.

Dan setiap akibat buruk akan mendatangkan sanksi atau hukuman baik dari Allah SWT maupun dari masyarakat.

Firman Allah SWT: ”Maka tatkala mereka melupakan apa yang diperingatkan kepada mereka, kami selamatkan orang-orang yang melarang dari perbuatan jahat dan kami timpakan kepada orang-orang yang zalim siksaan yang keras, disebabkan mereka selalu berbuat fasik.” (QS. Al-A’raf, 7 : 165)

Baca Juga: Bekerja Sebagai Ibadah, Ini Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X