• Selasa, 7 Desember 2021

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Ini Hukumnya

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Ilustrasi  (Photo by Konevi from Pexels)
Ilustrasi (Photo by Konevi from Pexels)

harianmerapi.com - Banyak orang bertanya apa hukumnya menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Jawabnya kadang berbeda-beda, ada yang membolehkan, menganjurkan atau sebaliknya lantaran tidak ada tuntunan.


Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid dalam akun twitter pribadinya @hnurwahid yang diunggah Selasa (19/10/2021) menyampaikan fatwa tarjih hukum mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.


"Tidak ditemukan dalil yang melarang atau yang mengharuskan. Karenanya ini masuk dalam kategori masalah ijtihadiyah," ujarnya mengutip Fatwa Tarjih Muhammadiyah.

Baca Juga: Kemenag Susun Delapan Rancangan Skema Penyelenggaraan Haji dan Umrah 1443 H


Atas banyaknya pertanyaan seputar hukum mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammadiyah, Tim Fatwa Majelis Tarjih Muhammadiyah, sebagaimana termuat dalam buku Tanya Jawab Agama terbitan Suara Muhammadiyah Jilid IV, cetakan ketiga, menyatakan, pada prinsipnya Tim Fatwa belum pernah menemukan dalil tentang perintah menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi SAW.


Sementara itu belum pernah pula menemukan dalil yang melarang penyelenggaraannya. "Oleh sebab itu, perkara ini termasuk dalam perkara ijtihadiyah dan tidak ada kewajiban sekaligus tidak ada larangan untuk melaksanakannya," terang Tim Fatwa Majelis Tarjih Muhammadiyah.


Namun, menurut Tim Fatwa, apabila di suatu masyarakat muslim memandang perlu menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi SAW, yang perlu diperhatikan adalah agar jangan sampai melakukan perbuatan yang dilarang serta harus atas dasar kemaslahatan.

Baca Juga: Pemerintah Bahas Prosedur Umroh dan Vaksinasi Covid-19, Ini Penjelasan Kemenkes


Perbuatan yang dilarang di sini, misalnya perbuatan-perbuatan bid'ah dan mengandung unsur syirik serta memuja-muja Nabi Muhammad SAW secara berlebihan, seperti membaca wirid-wirid atau bacaan-bacaan sejenis yang tidak jelas sumber dan dalilnya.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandemi, Kita Belajar Berhemat

Minggu, 5 Desember 2021 | 05:00 WIB

Dampak Perubahan Iklim Mulai Terasa

Kamis, 18 November 2021 | 10:32 WIB
X