• Jumat, 30 September 2022

Merawat Peradaban 'Local Heroes' Karya Heru Siswanto yang Dipamerkan di Joning Art Space

- Jumat, 15 Juli 2022 | 15:44 WIB
Heru Siswanto bersama karya instalasi bertajuk 'Local Heroes' gerombolan semut merah terrakota.  (Teguh Priyono)
Heru Siswanto bersama karya instalasi bertajuk 'Local Heroes' gerombolan semut merah terrakota. (Teguh Priyono)

harianmerapi.com - Ada yang beda dan tampak menonjol dalam ajang Song Art Exhibition yang berlangsung di Joblang Kemuning (Joning) Art Space, Area Persawahan Pendowoharja, Kapanewon Sewon Bantul.

Karya instalasi Heru Siswanto yang diberi label 'Local Heroes' berupa sekerumunan serangga semut berjumlah 70 ekor dengan seekor semut lebih besar dari lainnya.

Karya instalasi yang tertata sedemikian apik seolah menceritakan sebuah pergerakan semut merah dari berbagai arah turun menuju satu tujuan bersama.

Baca Juga: Penerima PKH di Banjarnegara Jadi Pengedar Miras Jenis Ciu, Kulakan dari Sukoharjo, Ini Tindakan Aparat

Dengan memadukan konsep mixed media terrakota, fiber dan kawat tembaga, sepertinya Heru ingin mengungkapkan kisah perjuangan masyarakat Kasongan yang setia pada peradaban gerabah sebagai sumber kehidupan harian mereka, sejak dulu hingga saat ini.

"Heroes atau pahlawan itu tidak hanya mereka yang gugur di medan pertempuran saja. Namun mwreka yang memikiki keteguhan hati serta semangat untuk untuk terus bertahan pada karya-karya peradaban seperti gerabah atau terrakota mereka juga layak disebut pahlawan dalam skup lokalitas," tutur Heru ketika ditemui harianmerapi.com di Joning Art Space, Kamis (14/7/2022).

Dijelaskan Heru, spirit kebersamaan masyarakat Kasongan dalam mempertahankan peradaban Gerabah bukan saja karena alasan ekonomi semata.

Baca Juga: Bupati Pati Janji Bantu Korban Banjir Bandang, Banyak Surat Penting Hilang

Namun juga kesejarahannya terkait dengan keberadaan kerajinan gerabah di Kasongan yang tidak dapat dipisahkan dengan eksistensi ketokohan seorang bernama Kiai Song atau yang oleh masyarakat luas dikenal sebagai Kiai Abdurrauf.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jogja siapkan Festival Prawirotaman, catat tanggalnya

Senin, 22 Agustus 2022 | 10:57 WIB
X