• Kamis, 6 Oktober 2022

Profil 'Mas Cindhil' Gunawan Maryanto, Perankan Widji Thukul Hingga Raih Piala Citra

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 10:17 WIB
Gunawan Maryanto  (Instagram/@teatergarasi)
Gunawan Maryanto (Instagram/@teatergarasi)

YOGYA, harianmerapi.com - Gunawan Maryanto, aktor, penulis dan sutradara teater meninggal dunia, Rabu (6/10/2021). Kepergian almarhum meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, sahabat serta rekan-rekan seniman di Teater Garasi Yogyakarta.

Gunawan Maryanto lahir di Yogyakarta 10 April 1976. Para sahabatnya akrab menyapa dengan Mas Cindhil. Ini karena postur tubuhnya yang kecil mungil.

Karya-karyanya melegenda. Puisi, prosa, dan kritik sastra sering kali dijumpai di sejumah media massa Indonesia. Berikut profil Gunawan Maryanto.

Baca Juga: Gunawan Maryanto Berpulang, Teater Garasi Berduka

Selain mengelola Teater Garasi, Gunawan Maryanto mengadakan Indonesia Dramatic Reading Festival (IDRF) bareng Joned Suryatmoko di berbagai kota setiap tahunnya.

Gunawan Maryanto telah mementaskan karya-karyanya di berbagai negara, pernah menerima hibah seni dari Yayasan Kelola, dan memenangi sejumlah kompetisi.

Pada tahun 2017, Gunawan Maryanto menyabet penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Usmar Ismail Award melalui film berjudul 'Istirahatlah Kata-kata' dengan memerankan sebagai Widji Thukul.

Gunawan Maryanto bahkan memenangkan Piala Citra untuk Pemeran Utama Pria Terbaik berkat perannya sebagai Siman di film 'Hiruk-Pikuk si Al-Kisah' pada tahun 2020.

Baca Juga: Dramawan Ternama Akhudiyat Tutup Usia

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X