• Selasa, 19 Oktober 2021

Pementasan Seni Budaya di Bantul Masih Tunggu Instruksi Satgas Covid-19

- Rabu, 8 September 2021 | 20:42 WIB
Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Nugroho Eko Setyanto (FOTO ANTARA/Hery Sidik )
Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Nugroho Eko Setyanto (FOTO ANTARA/Hery Sidik )

BANTUL, harianmerapi.com - Pementasan gelar seni budaya di Bantul belum segera bisa dilaksanakan, meski level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Bantul per 7 September sudah turun ke level 3.

Hal ini dikarenakan Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul masih menunggu instruksi dari Satuan Tugas Covid-19.

"Kalau gelar budaya kita nanti masih nenunggu instruksi dari Gugus Tugas Covid-19 kabupaten, jadi seperti apa bentuknya nanti kita laksanakan, kalau untuk saat ini belum ada instruksi," kata Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Nugroho Eko Setyanto di Bantul, Rabu (8/9/2021).

Baca Juga: Tips-tips Sebelum Membeli Sepeda Motor Baru

Dijelaskannya, selama ini pementasan atau gelar seni budaya bersifat daring atau virtual dan belum dilakukan secara terbuka sebagai antisipasi kerumunan di masa pandemi Covid-19, kalaupun ada pementasan secara terbuka hanya terbatas untuk internal, tanpa penonton.

"Kalau saat ini kita masih daring, termasuk yang sekarang baru aktif juga masih daring, itu yang kerja sama antara Sego Katul dan Warkaban, karena sampai saat ini aturan belum diperkenankan untuk tampil di publik, sehingga kita masih mengikuti aturan dari sana," katanya.

Pihaknya berharap, para pelaku seni dan budaya masih bersabar untuk berkarya kembali di hadapan publik pada masa pandemi Covid-19 ini, dan lebih menekankan secara daring. Dan saat ini, pemda sedang memikirkan agar pelaku seni budaya mendapat bantuan di masa pandemi.

Baca Juga: Dani King Heran, Karya Lukisannya Sering Dianggap Misteri, Magis dan Aneh

"Untuk membantu seniman terdampak nanti akan diprogramkan, kemarin sudah dikoordinasikan tapi waktunya belum, nanti ada dari Disbud DIY, Disbud peduli, wujudnya sembako, tapi kita belum tahu kapan, masih pendataan terus," katanya.

Nugroho juga mengatakan, dalam mempersiapkan kembali menggeliatnya kesenian dan budaya di Bantul, pihaknya menggencarkan program vaksinasi Covid-19 bagi pelaku seni budaya sebagai upaya membentuk imunitas kelompok, sehingga bisa berkarya lebih aman.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selain Klaster Tilik, Muncul Klaster Senam di Bantul

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:59 WIB
X