• Selasa, 19 Oktober 2021

Capaian Vaksinasi Pelajar di Bantul Baru 24,1 Persen

- Senin, 6 September 2021 | 12:50 WIB
Bupati Bantul memantau vaksinasi pelajar.  (Humas Pemkab Bantul)
Bupati Bantul memantau vaksinasi pelajar. (Humas Pemkab Bantul)

BANTUL, harianmerapi.com - Hingga awal September 2021 capaian vaksinasi untuk pelajar di Kabupaten Bantul belum signifikan. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul hingga 4 September 2021 baru 17.420 remaja yang menerima vaksin dosis pertama dengan target sasaran sebanyak 72.145 remaja. Pemkab Bantul bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk menggenjot capaian jumlah vaksinasi.

Kasie Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Bantul, Abednego Dani Nugroho mengatakan dari seluruh sasaran vaksinasi remaja sebanyak 72.145 beru tercapai 24,15 persen dengan dosis pertama. Kemudian untuk vaksin kedua baru tercapai 1,4 persen atau 1.009 sasaran.

"Update per tanggal 4 September, untuk sasaran remaja 72.145 orang dengan 17.420 atau 24,15 persen untuk dosis pertama," ungkapnya, Senin (6/9/2021).

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 11: Menerima Kabar Buruk Orang Tua Kecelakaan

Abed mengaku tidak ada kendala yang menyebabkan rendahnya capaian vaksinasi tersebut. Terlebih dengan melibatkan TNI dan Polri, stok vaksin Sinovac disebutnya aman. Bahkan hingga saat ini proses vaksin untuk pelajar masih terus berjalan dengan dikoordinir oleh Kodim dan Polres Bantul.

"Sekarang masih berproses terus kok, dan untuk vaksinsi pelajar di komando oleh Kodim dan Polres Bantul," terangnya.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan meski belum ditentukan kapan, namun pembelajaran tatap muka (PTM) akan terlaksana di Bantul. Sehingga percepatan vaksinasi harus dilakukan. Sehingga vaksinasi yang dilakukan TNI dan Polri disebutnya sangat membantu menggenjot jumlah capaian vaksin.

Baca Juga: 14 SMP Negeri di Sukoharjo Siap Gelar PTM Terbatas

"Apalagi siswa-siswi di Bantul akan mengikuti pembelajaran tatap muka setelah semua di vaksin dan kondisi pandemi dapat terkendali serta kasusnya sudah melandai," paparnya.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan menyebut pelaksanaan vaksinasi untuk pelajar merupakan komitmen untuk membantu mempercepat vaksinasi nasional utamanya untuk pelajar. Pihaknya berharap vaksinasi pelajar di Bantul bisa selesai di bulan September ini.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selain Klaster Tilik, Muncul Klaster Senam di Bantul

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:59 WIB
X