• Selasa, 26 Oktober 2021

Kembalikan Fungsi Bangsal Umum Rumah Sakit, Pemda Bantul Tunggu Izin Pusat

- Minggu, 5 September 2021 | 20:17 WIB
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (Foto: Riza Marzuki)
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (Foto: Riza Marzuki)

BANTUL, harianmerapi.com - Saat ini sebagian tempat tidur bangsal pasien umum rumah sakit yang sebelumnya difungsikan untuk pasien Covid-19, sudah banyak yang kosong, menyusul menurunnya jumlah kasus aktif.

Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Bantul masih menunggu izin dari Pemerintah Pusat untuk mengembalikan ke fungsi semula.

Disebutkan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Ahad (5/9/2021), bahwa kasus aktif Covid-19 di Bantul dalam beberapa pekan terakhir terus menurun.

Baca Juga: RSUD Salatiga Ajukan Anggaran Rp 4 Miliar, untuk Beli Alkes ICU Khusus Covid-19

Namun untuk turun level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), dan mengembalikan tempat tidur menjadi untuk pasien umum harus ada izin pemerintah.

"Pasti itu (dikembalikan untuk pasien biasa), tetapi status PPKM Level 4 di Bantul itu kewenangan pusat, dan nanti pemerintah pusat yang menurunkan level dan yang memberikan izin agar tempat tidur itu bisa dikonversi kembali ke tempat tidur biasa," katanya.

Kasus aktif Covid-19 atau pasien yang masih isolasi di Bantul, per hari Sabtu (4/9/2021), tinggal 1.700 an orang, padahal pada awal Agustus kasus aktif sempat di angka 14 ribuan orang, dan terus menurun seiring pasien yang sembuh harian lebih banyak dari penambahan kasus baru.

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 10: Pesan Terakhir dari Papa

"Memang pasien Covid-19 itu menurun secara tajam di Bantul, sehingga pasti nanti akan kita rekonversi dari tempat tidur Covid-19 ke tempat tidur untuk pasien semua penyakit, tapi masih menunggu dari pusat," papaenya.

Saat ini di Bantul, masih menerapkan PPKM Level 4 guna pengendalian penularan Covid-19 di level RT, dan telah dilakukan perpanjangan hingga 6 September nanti, nantinya di akhir perpanjangan dilakukan evaluasi bersama Satgas Penanggulangan Covid-19 kabupaten dan pusat.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X