• Selasa, 26 Oktober 2021

Kekeringan di Bantul Meluas ke Piyungan dan Dlingo

- Minggu, 5 September 2021 | 15:31 WIB
 Tangki PMI Bantul menyalurkan air bersih di Piyungan.  (Istimewa)
Tangki PMI Bantul menyalurkan air bersih di Piyungan. (Istimewa)

BANTUL, harianmerapi.com - Meski mendung menyelimuti sebagian wilayah di Bantul dalam dua hari terakhir. Namun musim kemarau nampaknya belum akan berakhir. Alhasil setelah sejumlah warga di Kapanewon Pundong, Bantul mengalami kekurangan air bersih kini kekeringan juga dialami oleh sebagian warga di Kapanewon Piyungan dan Dlingo.

Kekurangan pasokan air bersih ini dialami oleh sebagian warga di Kalurahan Sitimulyo, Piyungan serta Kalurahan Terong, Dlingo. Hal ini lantaran selain warga Pedukuhan Darmojurang, Seloharjo, Pundong yang mendapatkan dropping air, warga di kalurahan Sitimulyo dan Terong ternyata juga telah mendapatkan pasokan menggunakan mobil tangki untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka.

“Sudah ada sekitar 25 tangki. Per tangki 5.000 liter yang telah kami bagikan ke tiga wilayah tersebut. Agar cepat, kami bekerja sama dengan Tagana,” sebut Staf Kebencanaan PMI Bantul, Kuswantoro, Minggu (5/9/2021).

Baca Juga: Inilah Cara Membasmi Hama Tikus dan Wereng Secara Alami

Kuswantoro menjelaskan, pihaknya memang memiliki anggaran untuk droping air bersih yang dilewatkan anggaran tanggap bencana. Sejumlah permohonan masuk ke PMI termasuk dari Sitimulyo dan Terong. Sehingga pihaknya segera menindaklanjuti dengan mengirim bantuan pasokan air bersih.

"Kita akan menindaklanjuti permintaan yang masuk," sebutnya.

Permohonan yang diajukan menurutnua berasal dari Dukuh atau RT setempat. Surat tersebut dijelaskan Kuswantoro dilampiri dengan titik lokasi dan kapasitas tampungan, serta jumlah warga yang terdampak.

Baca Juga: Inovasi Sedekah Sampah Membawa Bhabinkamtibmas Pati Lor Bripka Septi Mendapat Penghargaan Kapolda Jatengg

“Untuk pengajuan simpel. Asal ada surat dari pak Dukuh dan RT. Nanti kami akan bergerak dan melakukan droping air ke lokasi,” tegasnya.

Terpisah, Carik Sitimulyo Amirudin Safa membenarkan droping air telah dilakukan di Kedung Walikukun, Padukuhan Banyakan 2, sejak Selasa (31/8/2021) yang lalu. Dilokais tersebut terdapat 60 kepala keluarga (KK) yang membutuhkan pasokan air bersih. Setidaknya saat itu sudah dipasok air bersih sebanyak dua mobil tangki dengan kapasitas masing-masing 5 ribu liter.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X