• Jumat, 30 September 2022

FPRB Bantul targetkan bentuk 17 FPRB kapanewon untuk mendukung kesiapsiagaan bencana

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Ketua FPRB Kabupaten Bantul, Waljito SH saat memberikannya materi terkait kebencanaan.  (Foto: Yusron Mustaqim )
Ketua FPRB Kabupaten Bantul, Waljito SH saat memberikannya materi terkait kebencanaan. (Foto: Yusron Mustaqim )

HARIANMERAPI.COM - Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Bantul menargetkan membentuk 17 FPRB di tingkat kapanewon pada tahun ini.

"Seperti diketahui di Kabupaten Bantul sekarang ini baru 6 FPRB kapanewon yang terbentuk dari 17 kapanewon yang ada," ujar Waljito SH, Ketua FPRB Kabupaten Bantul di sela-sela Focus Group Discussion (FGD) terkait kesiapsiagaan bencana level kapanewon di Kantor Kapanewon Sewon Bantul, Selasa (2/8/2022).

Disebutkan, enam kapanewon yang telah terbentuk FPRB yakni Sewon, Kasihan, Sedayu, Kretek, Bantul dan Piyungan.

Baca Juga: SMAN 1 Banguntapan Bantul bantah paksa siswi pakai jilbab, begini penjelasan Disdikpora DIY

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk mitigasi bencana FPRB Kabupaten Bantul dalam rangka inisiasi membentuk FPRB tingkat kapanewon.

Sejumlah materi yang disampaikan seperti masalah kebencanaan, manajemen FPRB, pelatihan mitigasi dan ilmu pemberdayaan masyarakat kalurahan (PMK) dengan pendanaan dana desa.

Baca Juga: Ini dia deretan Game Online yang diblokir Kominfo

Harapannya nanti akan segera terbentuk FPRB di 17 kapanewon yang akan memberikan penguatan dilevel kapanewon dan menguatkan sinergitas pentahelix (multipihak) sehingga nanti terbentuk kesiapsiagaan terkait dengan bencana baik pra bencana, saat bencana dan pascabencana.

"Untuk 11 kapanewon lainnya setelah FGD ini akan segera dibentuk dan dikukuhkan sampai akhir tahun 2022 harapannya seluruh kapanewon terbentuk FPRB," tegas Waljito.*

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X