• Selasa, 16 Agustus 2022

Hadapi Pemilu 2024, KPU DIY Dorong Parpol Siapkan Caleg Lebih Awal, Ini Alasannya

- Senin, 4 Juli 2022 | 11:15 WIB
KPU  (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
KPU (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)



JOGJA, harianmerapi.com - Meski pemilu legislatif waktunya masih cukup lama, Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta (KPU DIY) mendorong partai politik (parpol) di provinsi menyiapkan kader lebih awal.


Parpol didorong untuk menyiapkan kadernya maju sebagai calon legislatif pada Pemilu 2024.
Hal ini disampaikan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU DIY Ahmad Shidqi di Yogyakarta, Senin (4/7/2022).

"Penting bagi partai politik (parpol) menyiapkan calon legislatif (caleg) mulai sekarang sehingga tidak menghasilkan caleg yang instan," katanya.

Baca Juga: China Kembali Laporkan 460 Kasus Baru Covid-19, Menurun Dibanding Sebelumnya


Shidqi menyadari penyiapan caleg sepenuhnya merupakan urusan rumah tangga parpol.

Namun demikian, menurutnya, proses penjaringan hingga penetapan bakal caleg perlu dilakukan jauh hari, sehingga parpol mampu memunculkan wakil rakyat yang berkualitas bagi masyarakat.

"Kami ingin memberikan kualitas demokrasi kepada masyarakat sehingga nanti output-nya adalah wakil rakyat yang betul-betul bisa diharapkan oleh rakyat," tambahnya.

Baca Juga: Anak Terseret Banjir di NTT Gagal Diselamatkan, Tim SAR Temukan Jenazahnya

Selain itu, Shidqi juga meminta parpol yang telah memiliki kursi di parlemen maupun yang baru akan mengikuti Pemilu 2024 segera mendaftar sebagai peserta pemilu melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang telah dibuka sejak 24 Juni 2022.

"Sipol sudah dibuka KPU sehingga parpol sudah bisa meng-input data-data terkait kepengurusan hingga alamat kantor," kata dia.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X