• Kamis, 18 Agustus 2022

Disnakkan Boyolali Mulai Lakukan Vaksinasi PMK ke Sapi Sehat, Diutamakan Sapi Perah

- Senin, 27 Juni 2022 | 21:33 WIB
Petugas dari Disnakkan Boyolali melakukan penyuntikan Vaksin ke sapi perah.  (Mulyawan)
Petugas dari Disnakkan Boyolali melakukan penyuntikan Vaksin ke sapi perah. (Mulyawan)

BOYOLALI, harianmerapi.com - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah mulai melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak khususnya sapi di Kota Susu.

Vaksinasi PMK untuk hewan ternak perdana digelar di Desa Samiran, Kecamatan Selo pada Senin (27/6/2022).

Diungkapkan oleh Kepala Disnakkan Kabupaten Boyolali, Lusia Dyah Suciati bahwa pemilihan Desa Samiran dikarenakan desa tersebut masih berada di zona hijau PMK serta melakukan lockdown lalu lintas sapi.

Baca Juga: Memasuki Libur Panjang Sekolah, Okupansi Penginapan Pantai Selatan Gunungkidul Meningkat

“Ini menjadi reward-nya kita prioritaskan hari pertama pelaksanaan vaksinasi. Ini kita siapkan 200 namun ini biar nanti kita selesaikan sampai berapa tapi minimal 100 dan harapan kami ya sampai 200 bisa terealisasi hari ini di Desa Samiran,” ungkap Lusi di sela kegiatan.

Dalam melakukan penyuntikan vaksinasi sapi, pihaknya menyiapkan dua tim. Tim pertama yakni tim skrining untuk melakukan pemeriksanaan kondisi kesehatan sapi.

Setelah kondisi sapi sudah dipastikan aman, tim kemudian menyuntikan 2 mili vaksin. Sapi yang menjadi prioritas merupakan sapi perah dan sehat.

Baca Juga: PSS Sleman Pastikan Tiket Perempat Final Piala Presiden 2022 Dampingi PSIS Semarang Usai Bekuk Dewa United FC

“Karena yang divaksin adalah sapi yang sehat dan diutamakan adalah sapi perah,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X