• Sabtu, 21 Mei 2022

Bebek Pedaging Umur Tiga Bulan Banyak Dibutuhkan Pemilik Usaha Kuliner, Apa Saja Jenisnya?

- Jumat, 28 Januari 2022 | 20:05 WIB
             Bebek dan entog muda disiapkan untuk diambil dagingnya, semakin gemuk semakin baik.  (Foto : Sulistyanto)
Bebek dan entog muda disiapkan untuk diambil dagingnya, semakin gemuk semakin baik. (Foto : Sulistyanto)

BANTUL, harianmerapi.com – Bebek pedaging atau potong mayoritas menggunakan yang jantan. Kisaran umur tiga bulan sudah dapat dijualbelikan.

Para pemilik ataupun pengelola usaha kuliner yang menyediakan menu masakan daging bebek pun banyak membutuhkan bebek pedaging dengan umur tersebut, misalnya dimasak menjadi bebek goreng.

Sedangkan bebek pedaging dari betina apkir (sudah tak produktif bertelur) maupun jantan sudah tua, dagingnya sudah alot dan perlu beberapa tahapan pengolahannya agar daging menjadi empuk.

Baca Juga: Cerita Mistis Pengantar Roti Muter-muter Mencari Pemesan Kue Makanan, Ternyata Alamat yang Dituju Sebuah Makam

Hal tersebut diungkap praktisi pemelihara dan pelaku jual-beli unggas asal Sedayu Bantul, Asep Ariya Lendra saat ditemui di tempat tinggalnya, baru-baru ini.

“Setahu saya ada beberapa jenis bebek cocok dijadikan sebagai bebek pedaging. Bebek ini dipilih yang jantan-jantan saja untuk dipelihara dan umur sekitar tiga bulan sudah bisa dijualbelikan,” tandas Asep.

Jenisnya antara lain bebek jantan kalung (bagian leher ada warna putih) dan bebek lugas (leher tak ada warna putih). Ada lagi jenis bebek pedaging peking yang banyak dipelihara di Jawa Timur serta bebek alabio asal Kalimantan.

“Bebek pedaging jantan kalung, jika pakannya bagus bisa cepat gemuk dan dagingnya banyak. Kalau jenis lugas, jenis bebeknya lebih kecil dibanding yang kalung,” beber Asep.

Baca Juga: Tukul Arwana Menangis Saat Dijenguk Maria Vania, Ini Kondisi Terakhirnya

Sama halnya dengan bebek pedaging, lanjutnya, entok muda yaitu dengan umur kisaran empat setengah bulan juga sudah bisa dijualbelikan. Antara lain cocok dibuat masakan rica-rica dan gulai.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X