• Selasa, 19 Oktober 2021

Telur Bebek Dikombinasi dengan Bahan Alami Lain Sebagai Pendukung Imunitas Tubuh

- Kamis, 16 September 2021 | 05:40 WIB
          Telur bebek memiliki kandungan gizi dan bagus untuk mendukung kesehatan (Foto: Sulistyanto)
Telur bebek memiliki kandungan gizi dan bagus untuk mendukung kesehatan (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Telur bebek maupun ayam kampung banyak diyakini warga mempunyai banyak kandungan gizi, bahkan khasiat kesehatan. Cara pemanfaatannya bisa model tunggal maupun dikombinasi bahan-bahan alami lain, sehingga akan mampu mendukung imunitas tubuh.

Selain dapat dicampurkan pada beberapa jenis jamu tradisional, telur bebek juga dapat dijadikan bahan baku minuman teh telur. Ketika datang ke angkringan Bu Siti di kawasan Krajan Sidoluhur Sleman, antara lain bisa memesan minuman kesehatan teh telur. Caranya, bagian telur bebek atau itik dikocok menggunakan mixer sehingga menghasilkan busa.

“Lalu dicampurkan pada minuman teh yang sudah direbus sampai mendidih,” jelas pemilik angkringan setempat, Siti Suharni.

Baca Juga: Mengapa Rasulullah Menganjurkan Umatnya untuk Bermurah Hati?

Minuman menyehatkan seperti ini bahkan dapat ditambah dengan bubuk cabe Jawa maupun jahe geprek. Bahkan bisa diberi tambahan dengan pemanis seperti madu murni serta perasan jeruk nipis.

Adanya perasan jeruk nipis antara lain akan bisa menambah cita rasa segar dan meredam rasa amis telur. Selain itu jeruk nipis juga diyakini memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Sedangkan telur bebek yang sudah dibuat telur asin, antara lain  banyak mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, vitamin dan beberapa mineral.

Baca Juga: Kontes Kecantikan Sapi, Simbol Status Sosial

Secara rinci antara lain mengandung vitamin B kompleks,  A dan E. Jenis mineralnya seperti kalsium, fosfor, sodium, zat besi dan magnesium. Ada pula kandungan omega-3, sehingga dapat berperan menyehatkan sel-sel otak atau menjaga kesehatan organ otak.

“Telur bebek juga dapat dicampurkan pada masakan mi instan, bakmi rebus sampai bakmi goreng. Selain menambah cita rasa masakan juga menambah manfaat kesehatan dari suatu masakan,” terangnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawang Dayak Dipercaya Mampu Lancarkan Air Seni

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:26 WIB

Ubi Ungu Kukus Lezat dan Menyehatkan

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:14 WIB

Jaga Tumbuh Kembang Anak untuk Mencegah Stunting

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:07 WIB
X