• Sabtu, 22 Januari 2022

Manfaat Hati Bebek untuk Hindarkan Anemia

- Sabtu, 25 September 2021 | 11:10 WIB
          Lauk berbahan telur puyuh, hati serta daging bebek bagus untuk kesehatan.  (Foto: Sulistyanto)
Lauk berbahan telur puyuh, hati serta daging bebek bagus untuk kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Asupan dengan nilai gizi tinggi serta bagus untuk kesehatan sangat beragam jenisnya. Antara lain dapat ditemukan pada aneka jenis sayur, buah dan minuman tradisional. Bahkan sebagian bahan yang cocok dijadian lauk-pauk juga bisa membantu menyehatkan badan secara alami.

Jenis lauk-pauk bergizi dan menyehatkan, misalnya olahan daging maupun jerohan bebek. Bagian jerohan bebek, misalnya ada hati, jantung, usus dan ampela.

Bahan-bahan seperti ini dapat dimasak dengan model bacem, lalu disajikan mirip sate atau menggunakan tusuk sate. Selain mempunyai cita rasa dan tekstur khas, asupan dari jerohan bebek diyakini Ernawati asal Sidoarum Sleman mempunyai beberapa khasiat kesehatan.

Baca Juga: Misteri Pring Petuk 4: Ternyata Kami Menginap di Desa Gaib

“Bumbu-bumbu atau rempah-rempah untuk memasak juga bagus untuk kesehatan. Untuk jerohan bebek bisa dimasak model bacem,” terangnya.

Istri dari Panjang Haryadi (Kang Dowo) yang mempunyai usaha soto bebek ini mengungkapkan, jeroan dari daging bebek seperti bagian hati ada beberapa manfaat kesehatannya.

Bahkan sudah dikupas juga di sejumlah media massa, baik offline maupun online. Beberapa manfaat kesehatannya antara lain bisa berdampak bagus bagi produksi sel darah merah, artinya juga dapat berperan menghindarkan atau mencegah anemia.

Baca Juga: Mbah Kyai Pahing 3: Pangeran Suryaningrat Nyantri Sampai Akhir Hayatnya

Selain itu diyakini pula dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang saraf, pembuluh darah dan sistem imunitas tubuh. Dengan imunitas yang terjaga antara lain akan menjadikan badan tak gampang terkena gangguan kesehatan.

Lalu kandungan protein dalam hati, misalnya mengandung semua asam amino esensial yang baik untuk kesehatan, berperan membantu membentuk otot, memperbaiki sel dan jaringan, memelihara fungsi imunitas tubuh dan menyediakan cadangan energi.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kandungan Kalsium Ikan Salem Mampu Redakan Nyeri Haid

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:30 WIB
X