• Kamis, 26 Mei 2022

Minggu I Uji Coba Terbatas Objek Wisata Gunungkidul, Pantai Selatan Langsung Diserbu 18 Ribu Wisatawan

- Senin, 25 Oktober 2021 | 16:13 WIB
 Pantai Kukup mulai dibanjiri wisatawan. (Foto: Bambang Purwanto)
Pantai Kukup mulai dibanjiri wisatawan. (Foto: Bambang Purwanto)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Minggu pertama uji coba terbatas pembukaan objek wisata di Kabupaten Gunungkidul langsung diserbu wisatawan.

Dinas Pariwisata Gunungkidul mencatat selama dua hari Sabtu (23/10/2021) dan Minggu (24/10/2021) jumlah wisatawan di beberapa pantai mencapai hampir 18 ribu wisatawan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono menyatakan, antusiasme para wisatawan untuk berkunjung di Gunungkidul sangat tinggi. Terbukti pada libur akhir pekan ini, jumlah wisatawan yang masuk ke Gunungkidul sangat tinggi.

"Total ada hampir 18.000 wisatawan yang masuk ke Gunungkidul," katanya Senin (25/10/2021).

Baca Juga: Dilakukan Malam Ini, Apa Itu Upacara Pembukaan Cupu Panjala?

Sementara jumlah kunjungan wisatawan pantai selatan intuk hari Sabtu (23/10) tercatat sebanyak 5.608 wisatawan masuk ke Gunungkidul. Peningkatan pesat kemudian terjadi pada Minggu (24/10) mencapai 12.326 wisatawan yang berkunjung yang merupakan puncak kunjungan wisatawan libur akhir pekan.

Lokasi pantai selatan masih menjadi primadona para wisatawan yang masuk ke Gunungkidul. Untuk objek wisata lain seperti Goa Pindul dan lainnya juga sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan dan diberlakukan berdasarkan standar kuota yang ditentukan.

"Dibukanya uji coba terbatas pembulaan obwis diharapkan berdampak baik bagi berbagai sektor," imbuhnya.

Baca Juga: Cara Memberi Makan Ikan Koi yang Baik, Sesuaikan dengan Suhu Kolam

Kendati idak sedikit bus ataupun kendaraan pribadi yang diminta untuk putar balik lantaran bernomor polisi tidak sesuai dengan aturan ganjil genap. Sebagaimana diketahui, setiap akhir pekan, Satlantas Polres Gunungkidul memang menerapkan skema ganjil genap di kawasan wisata.

Kebijakan untuk membatasi jumlah wisatawan ini akan terus dilakukan sesuai ketentuan dan berlaku setiap hari libur. Pihaknya memperkirakan dengan banyaknya pemberitahuan perihal telah dibukanya obyek wisata di Gunungkidul ini, tingkat kunjungan wisatawan diperkirakan akan berangsur-angsur naik.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X