• Selasa, 7 Desember 2021

Dispar DIY Gelar Bimtek UJP bagi Restoran Persiapan Sambut Kebangkitan Pariwisata

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:27 WIB
Sambutan Fitri Diah Wahyuni M. Si. selaku Kepala Bidang Industri Dinas Pariwisata DIY saat membuka Bimtek usaha jasa pariwisata restoran. (Dok. Dispar DIY)
Sambutan Fitri Diah Wahyuni M. Si. selaku Kepala Bidang Industri Dinas Pariwisata DIY saat membuka Bimtek usaha jasa pariwisata restoran. (Dok. Dispar DIY)

JOGJA, harianmerapi.com - Dinas Pariwisata DIY memberikan pembinaan dan pengawasan bagi Usaha Jasa Pariwisata (UJP) di DIY, salah satunya dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi UJP Restoran, Senin (18/10/2021), dengan harapan bangkitnya kembali pariwisata di DIY.

Kegiatan Bimtek UJP diikuti perwakilan restoran atau warung makan di kabupaten/kota di DIY, termasuk Bumbu Desa, Bale Timoho, Gudeg Pawon dan lainnya dengan pelaksanaan acara yang ketat menggunakan protokol kesehatan Covid-19.

Bimtek UJP Restoran di Forriz Hotel Yogyakarta dibuka secara resmi Fitri Diah Wahyuni M. Si. selaku Kepala Bidang Industri Dinas Pariwisata DIY.

Baca Juga: Resep Nugget Geprek ala William Gozali, Menu Unik Tapi Mudah Dibikin dan Enak

Dalam sambutannya Fitri mengatakan Dispar DIY bersama pihak terkait terus melakukan pembinaan kepada usaha jasa pariwisata salah satunya berupa Bimtek usaha jasa pariwisata restoran. Ia juga mengharapkan para peserta bimtek dapat menerapkan standar usaha sesuai dengan yang tercantum dalam Permenparekraft No.4 Tahun 2021 di antaranya mengenai standar usaha restoran berbasis risiko.

Jika masing-masing UJP sudah menerapkan aturan tersebut maka UJP dapat berkembang dengan baik serta memberikan imbas positif yakni dapat meningkatkan added value (nilai tambah) bagi UJP.

Wisatawan yang datang pun akan merasa nyaman karena semua aspek sudah sesuai standar, sesuai harapan sehingga dapat meminimalisir adanya komplain.

Baca Juga: Om Irvan Masih Mencari Rendy, Tapi Tak Sadar Rendy Anak Buah Aldebaran, Sinopsis Ikatan Cinta 19 Oktober 2021

“Kita belajar bersama-sama mengenai Kemenparekraft No. 4 tahun 2021 tentang standar usaha berbasis resiko. Di DIY ada 8 destinasi wisata yang sedang diujicobakan buka pada PPKM level 3 dengan persyaratan ketat. Restoran terbilang sudah ramai tapi belum ramai sekali. Kita berharap pariwisata bangkit lagi perlahan-lahan dan bisa mensejahterakan masyarakat di DIY baik dari kuliner, cinderamata, oleh-oleh, hotel dengan multyplyer effect (dampak ganda) dari kunjungan wisatawan,” ujar Fitri.

Ada 3 nara sumber, yakni Agustinus Ruruh Haryata, S.H., S.T., M.Kes. dari DPPM DIY, Erwan Sakti, NCt,.CA dari PAPINDO DIY dan Isfandiari, SKM,. M.PH. dari Dinas Kesehatan DIY.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X