• Kamis, 30 Juni 2022

Puro Pakualaman Tampilkan Atraksi Wisata Budaya Upacara Ganti Dwaja Bergada Jaga

- Senin, 18 Oktober 2021 | 09:18 WIB
Tari Ongkek Manis dari Sanggar Hokya Traditional Dance (Dinpar DIY)
Tari Ongkek Manis dari Sanggar Hokya Traditional Dance (Dinpar DIY)

JOGJA, harianmerapi.com - Kadipaten Puro Pakualaman didukung Dinas Pariwisata DIY kembali menggelar atraksi wisata budaya upacara ganti dwaja bergada jaga, Sabtu (16/10/2021).

Atraksi wisata budaya tersebut merupakan kali pertama digelar setelah sekian lama diselenggarakan secara tertutup, namun kali ini masyarakat dapat menonton acara tersebut di rumah masing-masing melalui live streaming kanal Youtube Dinas Pariwisata DIY Visiting Jogja TV.

Agoes Kencrot selaku Show Direktor menjelaskan bahwa rangkaian Setu Kliwonan Pura Pakualaman yang menampilkan upacara pergantian bergada jaga adalah peristiwa istimewa sarat nilai-nilai budaya yang diadakan setiap 35 hari sekali.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 35: Merindukan Sosok Ayah yang Melindungi

Diungkapkan Agoes, Puro Pakualaman memiliki 2 bergada jaga yakni bergada Prajurit Plangkir dan Lombok Abang dimana setiap 35 hari sekali bergantian berjaga. Untuk pertama kalinya atraksi wisata budaya upacara ganti dwaja ini dapat ditonton dimanapun berada melalui kanal Youtube Visiting Jogja TV untuk menghindari adanya kerumunan.

“Sebenarnya acara ini merupakan tontonan secara langsung, namun karena pandemi Covid=19 serta untuk menghindari kerumunan, maka acara disiarkan live melalui kanal Youtube Visiting Jogja TV. Ini merupakan bentuk perhatian Dinas Pariwisata agar para seniman bisa berkarya kembali” jelas Agoes.

Dalam acara tersebut, pergantian bergada jaga Kadipaten Puro Pakualaman yang semula dijaga oleh bregada Plangkir digantikan oleh bergada Lombok Abang. Upacara dilaksanakan di halaman Pura Pakualaman. Bertindak sebagai Manggalayuda atau inspektur upacara yaitu
R.M.Ry Suryokusumo Indro Sulistyono.

Baca Juga: Raden Mas Sandeyo Kiai Mlangi 2: Kerajaan Dipenuhi Sengketa Masalah Kepemimpinan dan Suksesi

Sejumlah atraksi wisata budaya diperlihatkan di layar streaming yakni Tari Ongkek Manis dari Sanggar Hokya Traditional Dance, Beksan Klasik Putra Pakualaman Manggalatama dari Sanggar Rembulan Art, dan Jathilan Dewantara Muda.

Tak hanya itu melalui tayangan streaming, para viewers juga diberikan pengetahuan secara umum mengenai cagar budaya Puro Pakualaman Yogyakarta oleh pemandu acara.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tour Leader Harus Utamakan Keselamatan Wisatawan

Senin, 27 Juni 2022 | 18:06 WIB
X