• Kamis, 6 Oktober 2022

Sungai Oya Imogiri, Kolam Renang Alami Dengan Air Sejernih Kaca

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 20:02 WIB
Bantaran Sungai Oya menjadi favorit pengunjung untuk bermain air ( (Riza Marzuki))
Bantaran Sungai Oya menjadi favorit pengunjung untuk bermain air ( (Riza Marzuki))

SUNGAI OYA konon sudah ada sejak masa lampau sehingga sebagian orang menyebutnya sungai purba. Saat musim kemarau, airnya sangat jernih seperti kaca.

Bahkan bebatuan dasar sungai hingga nampak begitu jelas. Sungai Oya mengalir dari Gunungkidul melewati lembah pegunungan seribu.

Tak ayal kebersihan Sungai Oya sangat terjaga. Aliran sungai yang tidak banyak melewati pemukiman penduduk membuatnya bersih dari limbah rumah tangga.

Baca Juga: Begini Cara Rombongan Wisatawan Luar DIY Agar Bisa Masuk Sampai Pantai Parangtritis

Kebersihan dan kejernihan air Sungai Oya inilah yang kemudian menarik banyak orang untuk datang. Ditambah pemandangan di kanan kiri sungai yang menawan.

Hampir sebagian besar orang yang datang ke bantaran sungai di perbatasan Kalurahan Selipamioro dan Sriharjo, Kapanewon Imogiri, Bantul ini bertujuan untuk mandi atau sekedar bermain air.

Salah satu titik bantaran Sungai Oya yang menjadi favorit untuk bermain air adalah Ngepohsari. Dimana aliran air disini tidak terlalu dalam dan aman untuk anak-anak.

Baca Juga: Gugus Tugas Covid-19 Kulon Progo Setujui PTM Terbatas

Ngepohsari berada salam satu kawasan Desa Wisata Srikeminut, Sriharjo, Imogiri. Dikelola oleh masyarakat lokal yang kemudian menyiapkan beberapa fasilitas bagi pengunjung.

Warung, toilet, parkir, hingga tempat cuci tangan sudah tersedia. Meskipun pengelola belum menerapkan tarif khusus untuk memasuki obyek wisata ini.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pulau Kangean yang tidak pernah membosankan

Minggu, 17 Juli 2022 | 14:15 WIB
X