• Selasa, 7 Desember 2021

PPKM Level 2, Sleman Optimis PAD Retribusi Pariwisata Penuhi Target Rp 1,5 Miliar

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 05:15 WIB
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo saat mengunjungi Gardu Pandang di kawasan Kaliurang. ( Foto : Awan Turseno)
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo saat mengunjungi Gardu Pandang di kawasan Kaliurang. ( Foto : Awan Turseno)

SLEMAN, harianmerapi.com - Pemerintah Kabupaten Sleman telah membuka kembali beberapa objek wisata yang dikelola langsung oleh pemerintah kabupaten setempat.

Langkah ini ditempuh karena kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Sleman telah turun menjadi level 2.


Dibukanya kembali beberapa destinasi wisata ini diyakini akan berdampak pada terpenuhinya target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi pariwisata sebesar Rp 1,5 miliar.

Baca Juga: Begini Jika Emak-emak Anggota IPAS Bantul Latihan Menguasai Sosmed untuk Bisnis

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan, dari beberapa objek wisata yang dikelola Kabupaten Sleman, saat ini sudah ada empat lokasi telah mulai dibuka kembali. Yakni Kaliurang, Kaliadem, Candi Ijo dan Candi Banyunibo. Lokasi tersebut juga telah dilengkapi aplikasi Pedulilindungi.


“Setelah PPKM Sleman turun menjadi level 2, maka objek wisata kita buka kembali secara bertahap. Tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” kata Kustini, Sabtu (23/10/2021).


Dijelaskan Kustini, beberapa obyjk wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Sleman sebelumnya ditutup sementara karena pandemi Covid-19. Tetapi sempat dibuka kembali meski jumlah pengunjung dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Gempa Sesar Merbabu-Merapi, Gempa Beruntun Dapat Memicu Kerusakkan Struktur Banguan Rapuh


Namun, setelah Pemerintah Pusat mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, maka seluruh objek wisata ditutup total. Sehingga dampaknya sangat dirasakan oleh pengelola dan masyarakat sekitar.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X