• Selasa, 7 Desember 2021

Bangkitkan Semangat Kerelawanan, Tagana Kota Batu Jawa Timur Kunjungi 'Kampung Kelahiran' di Dusun Cangkring

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 23:11 WIB
Tagana Kota Batu Jawa Timur disambut warga saat mengunjungi Dusun Cangkring (Foto: Yusron Mustaqim )
Tagana Kota Batu Jawa Timur disambut warga saat mengunjungi Dusun Cangkring (Foto: Yusron Mustaqim )

BANTUL, harianmerapi.com - Lima belas tahun berlalu tak membuat Simon Purwo Ali dan kawan-kawan lupa akan Cangkring, sebuah dusun yang berada di Kalurahan Sumberagung Kapanewon Jetis Kabupaten Bantul DIY.

Betapa tidak, saat itu pascagempa bumi 27 Mei 2006 para relawan karang taruna dari Kota Batu Jawa Timur datang ke Dusun Cangkring selama sekitar enam bulan membantu warga masyarakat dalam masa tanggap darurat.

Dengan keberhasilan dalam menjalankan tugas kerelawanan itu Kementerian Sosial menyatakan anggota karang taruna itu layak sebagai relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

"Kami relawan Tagana Kota Batu Jawa Timur datang ke Yogyakarta khususnya ke Dusun Cangkring ingin membangkitkan kembali semangat kerelawanan teman-teman Tagana," kata Simon Purwo Ali, Koordinator Tagana Kota Batu kepada harianmerapi.com, Sabtu (16/10/2021).

Baca Juga: Piala Thomas, Indonesia Melangkah ke Final Setelah Mengalahkan Tuan Rumah Denmark 3-1

Selama ini Simon menyadari Tagana Kota Batu dilahirkan di Dusun Cangkring ketika terjadi gempa Yogyakarta 2006 sekaligus dilakukan pengukuhan oleh Kementerian Sosial.

"Kami sadar telah lahir di Dusun Cangkring ini sehingga akan selalu mengingat tempat bersejarah bagi kami," imbuhnya.

Selain itu ikatan persaudaraan antara Tagana Kota Batu dengan warga Cangkring cukup melekat dan akan selalu mengenang keberadaan Dusun Cangkring.

Simon pun akan mengusulkan tanggal kelahiran di Dusun Cangkring tersebut sebagai hari lahir Tagana Kota Batu yang akan diperingati setiap tahunnya.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X