• Kamis, 7 Juli 2022

Asupan Berbahan Kepiting Sehatkan Jantung dan Tulang

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:07 WIB
Asupan berbahan kepiting sehatkan jantung dan tulang. (Foto: Sulistyanto)
Asupan berbahan kepiting sehatkan jantung dan tulang. (Foto: Sulistyanto)

 

harianmerapi.com - Satwa berasal dari laut sangat beragam jenisnya. Sebagian sudah termanfaatkan dengan baik, misalnya diolah menjadi masakan seafood maupun jenis asupan lain yang menyehatkan.

Satwa jenis kepiting atau ketam termasuk yang mempunyai khasiat kesehatan. Daging kepiting, misalnya banyak berada di balik cangkang serta pangkal kaki-kaki. Selain mempunyai cita rasa dan tekstur khas, juga kandungan gizi.

Bahkan bisa dikombinasi dengan bahan lain dan menjadi asupan menyehatkan, misalnya wujud frozen, lalu bisa diolah dengan cukup dikukus, digoreng maupun disate.

Baca Juga: Manfaat Ikan Kakap Memelihara Kesehatan Mata, Kulit dan Jantung

“Frozen berbahan kepiting, udang dan beberapa jenis ikan asal laut mempunyai penggemar dari berbagai kalangan. Termasuk juga jika diolah menjadi sate seafood seperti di tempat kami,” ungkap pengelola sate seafood di Pandean Jalan Godean-Seyegan Sleman, Muryadi, baru-baru ini.

Ia semakin semangat pula menerjuni usaha sate seafood, antara lain dapat menambah rezeki. Tak ketinggalan bisa berperan di masyarakat dalam iikhtiar mewujudkan sehat secara alami. Berbagai sumber pun sudah banyak yang mengupas seputar khasiat dari olahan dari kepiting. Antara lain kandungan omega-3 dalam kepiting berfungsi membantu mencegah gangguan kesehatan pada jantung.

Bahkan bisa berperan menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh, fungsi sistem syaraf dan kesehatan mata. Tak ketinggalan, kandungan mineral selenium pada kepiting juga dapat berperan sebagai antioksidan, sehingga bisa mencegah kerusakan sel dari radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: UNS Sebut Tidak Ada Lebam pada Jenazah Gilang Endi Saputra

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mi Hot Plate, Lezat Disantap Saat Masih Panas

Senin, 16 Mei 2022 | 20:56 WIB

Manfaat Yogurt untuk Tubuh Saat Berpuasa

Kamis, 28 April 2022 | 17:15 WIB
X