• Selasa, 26 Oktober 2021

Manfaat Daun Sawo Kecik Sebagai Pengharum Tubuh dan Singkirkan Kolesterol Jahat

- Senin, 20 September 2021 | 05:30 WIB
          Daun sawo kecik dapat dijadikan teh kesehatan.  (Foto: Sulistyanto)
Daun sawo kecik dapat dijadikan teh kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Jenis tanaman sawo  ada beberapa varietas, bahkan ada yang berasal dari luar negeri. Sebagian varietas sudah banyak dikenal berbagai kalangan dan saat musim berbuah serta dipanen,  buahnya cukup mudah ditemukan di pasaran.

Sebagai contoh ada sawo manila dengan buah berwarna cokelat. Ada juga sawo kecik yang juga diyakini memiliki khasiat kesehatan, baik bagian daging buah maupun daun tanaman sawo kecik.

Asupan alami buah sawo kecik antara lain diyakini memiliki khasiat sebagai pengharum tubuh  alami. Dengan rutin mengonsumsi sawo kecik, tubuh akan menjadi lebih harum.

Baca Juga: Harimau Smarabumi Lawan Santet 3: Keluar Banyak Paku dari Pori-pori Kulit

Artinya juga mampu melawan bau keringat, nafas, bahkan air  seni, yakni cukup dengan rutin mengkonsumsinya. Tak kalah penting, buah sawo kecil juga mempunyai kandungan gizi cukup tinggi.

Adapun khasiat kesehatan daun sawo kecik, misalnya bisa membantu ikhtiar untuk menyingkirkan kolesterol jahat di tubuh. Caranya antara lain dengan membuat teh berbahan daun sawo kecik.

Bagian daun cukup dikeringkan, bisa dihancurkan dahulu sebelum diseduh air panas dan sudah dimasak. Bisa juga rutin minum rebusan daun sawo kecik masih segar, namun tak boleh sampai berlebihan.

Baca Juga: Kisah dan Pesona Ratu Kalinyamat 5: Banyak Konflik Terjadi Setelah Suami Meninggal

Lain halnya dengan kayu pohon sawo kecik juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan alat musik seperti biola dan rebana. Pohon sawo kecik dapat tumbuh di daerah yang tanahnya kurang subur, sehingga  pohon sawo kecik difungsikan sebagai pohon pemulih areal-areal yang kurang subur dan kritis.

Petani buah banyak yang menjadikan pohon sawo kecik sebagai batang bawah untuk okulasi atau penyambungan dengan pohon sawo manila.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Obat Alternatif Sariawan, Nomor 3 Jangan Pakai Gula

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Wolbachia: Solusi Demam Berdarah, Nyamuk Lawan Nyamuk

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:49 WIB

Karet Kebo Lancarkan Sirkulasi Darah dan Haid

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 10:01 WIB

Manfaat Jeruk Sunkist Sebagai Musuh Kolesterol Jahat

Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:00 WIB
X