• Rabu, 17 Agustus 2022

Memuliakan Diri Sendiri dan Sesama Makhluk Ciptaan Allah SWT di Muka Bumi

- Selasa, 28 Juni 2022 | 05:30 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)

harianmerapi.com - Kita sebagai manusia pantas bersyukur ke hadhirat Allah SWT karena diciptakan menjadi makhluk yang sempurna dan memiliki kelebihan dari semua makhluk Allah yang lain.

Bahkan kita (manusia) ini lebih mulia daripada malaikat.

Karena itulah maka malaikat dan jin diharuskan bersujud kepada Nabi Adam AS, seperti tersurat dalam ayat berikut ini :

Baca Juga: Sikap Seorang Muslim dalam Menghadapi Musibah, yang Pertama Mengucap Kalimat Istirja

"Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir" (QS. Al-Baqarah, 2:34).

Sujud menurut ayat ini berarti menghormati dan memuliakan Adam, bukan sujud memperhambakan diri, karena sujud memperhambakan diri itu hanyalah semata-mata kepada Allah SWT.

Firman Allah SWT: "Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan". (QS. Al-Isra', 17:70)

Kelebihan manusia atas makhluk lainnya adalah kemampuannya untuk menyebutkan nama-nama benda di sekitarnya (mampu mengembangkan ilmu pengetahuan).

Dengan kecerdasan majemuknya (spiritual, emosional, intelektual, dan kecerdasan-kecerdasan lainnya) manusia dapat kreatif membuat sesuatu yang baru, dapat tumbuh dan berkembang fisik, psikis dan sosialnya.

Baca Juga: Pengembangan Kreativitas dan Etos Kerja Anak Sejak Dini: Antara Al Qur’an dan N-Ach Theory David McClelland

Atas dasar kelebihan itulah, maka Allah menjadikan manusia sebagai khalifah, yaitu sebagai wakil Allah di alam dunia untuk mengurus semua makhluk-Nya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X