• Rabu, 19 Januari 2022

Amalan-amalan Pembuka Pintu Rezeki, Salah Satunya Menjalin Silaturahim

- Jumat, 14 Januari 2022 | 05:00 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)

harianmerapi.com - Seperti jodoh dan maut, rezeki merupakan sesuatu yang telah ditetapkan Allah SWT pada setaip manusia bahkan sebelum manusia tersebut lahir.

Meski telah ditetapkan Allah SWT, rezeki bisa saja diberikan oleh Allah tergantung bagaimana usaha kita dalam menjemputnya. Rezeki merupakan keberkahan dari Allah SWT yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Rezeki dapat berupa materi seperti makanan, harta dan tempat tinggal. Setiap makhluk hidup bersama rezekinya, tempat tinggalnya dan tempat matinya. Semua tertulis di dalam kitab yang jelas, yakni di Lauh Mahfudz.

Baca Juga: Suami Setia 9: Allah tak Membebani Seseorang Melainkan Sesuai Kesanggupannya, Semua Cobaan Ada Hikmahnya

Untuk itu sebagai orang yang beriman dan bertakwa bersyukur dengan nikmat yang Allah SWT berikan perlu dilakukan, agar rezeki yang Allah berikan bisa terus menerus kita dapatkan bahkan bertambah dan berkembang.

Seorang muslim harus memahami berbagai amalan utama yang akan membukakan pintu rezeki bagi dirinya. Adapun amalan-amalan yang dapat menjadi pembuka pintu rezeki bagi seorang muslim adalah;

Pertama, istighfar. Allah Ta’ala berfirman: “Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh; 71:10-12).

Kedua, menjalin silaturahim. Silaturahim adalah menjalin hubungan dengan kerabat yg pernah putus atau terus menjalin yang telah selama ini ada.

Baca Juga: Cerita Hidayah, Lalai dalam Hal Waktu Maka Rezeki yang Sudah di Depan Mata pun Menjauh

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yg suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahim.” (HR. Bukhari nomor 5985 dan Muslim nomor 2557).

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Remaja Belajar dari Lingkungan Sosialnya

Senin, 10 Januari 2022 | 05:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur, Penting Diketahui untuk Insomnia

Selasa, 21 Desember 2021 | 00:38 WIB

Lima Rahasia Keberhasilan Dakwah Nabi Muhammad SAW

Rabu, 8 Desember 2021 | 05:00 WIB
X