• Senin, 27 Juni 2022

Suami Setia 9: Allah tak Membebani Seseorang Melainkan Sesuai Kesanggupannya, Semua Cobaan Ada Hikmahnya

- Kamis, 13 Januari 2022 | 18:00 WIB
Dirga iklhas merawat istrinya yang lumpuh. (Ilustrasi Sibhe)
Dirga iklhas merawat istrinya yang lumpuh. (Ilustrasi Sibhe)

harianmerapi.com - "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya.

Beri maaflah kami, ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." (QS. Al-Baqarah: 286)

Baca Juga: Suami Setia 1: Anak Bertanya pada Bapak, Jika Sudah Mati Bisa Ketemu Lagi Nggak Ya?

Masih melekat dalam benak Dirga ucapan Ustadz, bahwa cobaan yang diberikan Allah kepada hamba-Nya, pasti ada hikmahnya. Dan tidak mungkin cobaan itu melebihi dari kemampuan manusia itu sendiri.

Kesadaran Dirga itu juga bangkit, setelah melihat kenyataan, bahwa masih banyak orang yang lebih menderita dibanding dirinya.

Bukan saja terkait dengan gempa yang baru saja terjadi, namun mulai dari sekitarnya hingga di belahan dunia yang lebih jauh, banyak sekali contoh bagaimana seseorang mendapat ujian hidup yang teramat sangat berat.

Dirga pun dengan ikhlas merawat istrinya yang kini hanya bisa duduk di kursi roda. Kelumpuhan yang dialami Hastri rupanya permanen, sehingga sulit untuk bisa pulih kembali.

Baca Juga: Lima Ujian yang Dihadapi Hidup Orang Beriman

Jika dulu Dirga yang diurus oleh Hastri, maka sekarang sebaliknya ia yang harus mengurus semua keperluan sehari-hari istrinya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X