• Kamis, 20 Januari 2022

Pandemi, Kita Belajar Berhemat

- Minggu, 5 Desember 2021 | 05:00 WIB
Iip Wijayanto (Dok. Pribadi)
Iip Wijayanto (Dok. Pribadi)

harianmerapi.com - Hampir 2 tahun pandemi Covid-19 sudah berlangsung, dan kita belum tahu kapan pandemi ini akan benar-benar berakhir mengingat hingga saat ini, Benua Eropa terus menunjukkan peningkatan jumlah pasien-pasien Covid-19 baru setiap hari.

Hal yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah munculnya varian baru dari Afrika, B.1.1.529 yang oleh badan kesehatan dunia (WHO), diberi nama Omicron.

Karena itu berhemat menjadi sesuatu yang sangat penting agar kondisi perekonomian keluarga kita tetap bisa eksis. Ada kebutuhan-kebutuhan yang tetap harus disediakan biayanya, seperti musim lulusan sekolah anak-anak kita yang tentu membutuhkan biaya tambahan.

Baca Juga: Kewajiban Suami dan Istri untuk Meraih Keluarga Surgawi

Penggunaan tabungan yang ada untuk piknik, makan-makan di restoran mewah dan mahal, belanja sesuatu yang tidak terlalu kita butuhkan seperti mengganti handphone baru yang sedang trending, sementara handphone lama kita masih berfungsi dengan baik...sebaiknya dihindari dulu.

Berhemat itu adalah hal yang sangat mulia. Di dalam sebuah hadis, diajarkan : “Rasulullah SAW tidak pernah merasakan kenyang karena makan roti atau kenyang karena makan daging, kecuali jika sedang menjamu tamu.” (H.R.Tirmidzi)

Tidak makan secara berlebihan juga kunci penting untuk sehat, karena sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa terlalu banyak makan yang enak-enak, selain butuh biaya besar juga menyebabkan seseorang bisa kelebihan berat badan atau obesitas.

Baca Juga: Misteri Watu Lumpang yang Mengancam Lewat Mimpi

Obesitas dapat memunculkan berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dll.

Oleh karena itu, di dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda: “Cukup keturunan Adam makan yang dapat menegakkan tulangnya. Kalau memang menjadi suatu keharusan untuk diisi, maka sepertiga untuk makannya, sepertiga untuk minumnya dan sepertiga untuk nafasnya.” (H.R.Ahmad)

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian Thaharah dari Mahzab Maliki dan Hanafi

Kamis, 23 Desember 2021 | 07:15 WIB
X