• Jumat, 22 Oktober 2021

Maulid Nabi Muhammad SAW Bagian 6: Masa Remaja Rasul Digelari Al-Amin

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 06:58 WIB
Ilustrasi  (Photo by Konevi from Pexels)
Ilustrasi (Photo by Konevi from Pexels)

harianmerapi.com- Semakin hari remaja bernama Muhammad SAW ini semakin dewasa di bawah asuhan pamannya Abu Thalib yang dikenal seorang peniaga yang hebat penjelajah negeri di kawasan jazirah Arab.

Abu Thalib sangat sayang kepada keponakannya, sehingga tak heran bila ia selalu mengajak Muhammad SAW berniaga (berdagang) agar kelak bisa menjadi peniaga yang hebat dan selalu dipercaya.

Setiap Abu Thalib mengangkut perniagaaan ke negeri Syam, ia pun tak mengajak Muhammad SAW. Suatu ketika, mau memasuki ibu kota negeri, di tengah perjalanan, ada seorang pendeta yang menasehati Abu Thalib agar tidak mengajak Muhammad SAW masuk kota, karena ia kelak akan memikul suatu pekerjaan besar (dikutip dari Buku Sejarah Islam Pra Kenabian hingga Islam di Nusantara, karangan Prof Dr Buya Hamka, Terbitan Gema Insani, Jakarta 2016).

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 24: Istri Pertama Syukuran Menyambut Kehamilan

Tanda-tanda menjadi sosok tuntunan umat, sudah tampak sejak Muhammad SAW remaja. Kabar kejujuran keponakan, Abu Thalib ini terdengar dan menggema di kawasan tersebut.

Remaja laki-laki ini piawi dalam berdagang dan selalu jujur dan bisa dipercaya sehingga perniagaan pamannya (Abu Thalib) maju pesat dan disukai rekan usahanya di semua negeri yang dikunjungi Abu Thalib.

Sehingga masyarakat di jazirah Arab ini mengenal dengan sesungguhnya ahklak mulia Muhammad SAW dan memberi gelar Al-Amin (yang bisa dipercaya).

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 30: Hidup Berkecukupan Namun Tak Suka Bermewah-mewah

Rupanya, kabar kehebatan Muhammad SAW dan kejujuran dalam berdagang ini didengar oleh perempuan kaya raya, bangsawan dan memegang perniagaan besar saat itu, yang bernama Siti Khadijah Binti Khuwailid.

Ia pun tertarik untuk menawari pekerjaan kepada Muhammad SAW untuk memegang perniagaan.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Allah Meninggikan Sebutan Muhammad

Jumat, 22 Oktober 2021 | 07:51 WIB

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Ini Hukumnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:30 WIB

Orang Kuat Adalah Orang yang Bisa Menahan Amarah

Rabu, 13 Oktober 2021 | 22:47 WIB

Buya Yahya: Mimpi Buruk Tidak Membahayakan Manusia

Rabu, 13 Oktober 2021 | 07:08 WIB
X