Serut Podomoro Festival digelar dalam rangka bersih dusun sambut musim penghujan di Jaten Karanganyar

- Senin, 24 Oktober 2022 | 13:25 WIB
Fragmen tari Podomoro pada Serut Podomoro Festival di Jaten Karanganyar.  (Abdul Alim)
Fragmen tari Podomoro pada Serut Podomoro Festival di Jaten Karanganyar. (Abdul Alim)

HARIAN MERAPI - Ritual bersih dusun menyambut musim penghujan membuka Festival Serut Podomoro di Dusun Serut Desa Ngringo, Jaten, Karanganyar, Minggu (23/10/2022) sore.

Fragmen tari lakon Podomoro dari para seniman memeriahkan iring-iringan gunungan sayuran dalam agenda bersih dusun selama sepekan itu.

Rombongan pawai diawali iring-iringan gong. Kemudian sesepuh dusun bersila menghadap tanaman pangan bahan dasar sayur podomoro. Kemudian sepasang muda mudi menari mengiringi pembacaan doa kejawen.

Baca Juga: Presiden Jokowi beri ucapan selamat kepada Fajar-Rian menangkan Denmark Open 2022

Adapun acara berlangsung sepekan pada 23-30 Oktober 2022 diisi dengan aneka pentas seni, keroncong, tari-tarian, pameran UMKM, tarik suara, dan pentas tari.

Ketua Panitia Serut Podomoro Festival (SPF), Agus Acong mengatakan Lakon Podomoro menceritakan filsafat sayur lodeh yakni murah mudah dan menyehatkan. Sayur sehat dan sederhana itu sudah cukup untuk makan manusia.

Namun tragisnya manusia rela menghalalkan segala cara termasuk merusak alam demi untuk mencari makan berlebih.

“Anda renungkan sayur lodeh itu begitu sederhana sumbernya dari alam murah meriah sudah bisa dimakan dan menyehatkan tapi mengapa manusia tega melakukan apapun demi makan,” ungkapnya.

Baca Juga: Waspada, paparan internet tanpa pengawasan pengaruhi kesehatan mental anak, ini antisipasinya

Untuk itulah lanjut Agus Acong, pergelaran teater tersebut sengaja dimainkan di tengah guyuran hujan agar memberikan pesan bahwa hujan itu sebuah karunia dari Tuhan untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya serta bukan dirusak hanya untuk makan.

Sementara itu Tokoh Desa Ngringo Hendra ST mengatakan SPF tersebut menarik banyak pengunjung sehingga pantas dijadikan agenda tahunan.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X