KPU Karanganyar verifikasi faktual enam parpol terkait kepengurusan dan keterwakilan perempuan

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 14:25 WIB
Verifikasi faktual KPU didampingi Bawaslu ke Partai Butuh Karanganyar.  (Abdul Alim)
Verifikasi faktual KPU didampingi Bawaslu ke Partai Butuh Karanganyar. (Abdul Alim)

HARIAN MERAPI - Sebanyak enam partai politik (parpol) dijadwalkan menjalani verifikasi faktual (verfak) oleh KPU Kabupaten Karanganyar.

Enam parpol itu non parliamentary threshold (PT) yang telah lolos verifikasi administrasi KPU. Enam parpol itu yakni Partai Buruh, PSI, PKN, Hanura, Garuda dan PBB.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara pada KPU Karanganyar, Muhammad Maksum mengatakan telah menyampaikan urgensi verfak ke pengurus parpol di Karanganyar.

Baca Juga: Kembangkan Geopark Gunung Sewu, Dinas Pariwisata Gunungkidul latih pemandu geowisata

"Enam parpol dijadwalkan verifikasi faktual kepengurusan dan keterwakilan perempuan. KPU menyiapkan dua tim. Untuk Partai Buruh dan PSI pada Senin (17/10/2022) sedangkan PKN, Hanura dan Garuda pada Selasa (18/10/2022). Lalu PBB pada Rabu (19/10/2022)," kata Maksum, Rabu (19/10/2022).

Enam parpol tersebut lolos administrasi calon peserta pemilu 2024. Namun belum memenuhi PT di DPR RI. Dalam verifikasi faktual, KPU akan mencermati kepengurusan seperti SK organisasi, ketua, sekretaris dan bendahara.

Kemudian status kantor sekretariat apakah sewa ataukah milik sendiri. Dalam hal keterwakilan perempuan, KPU mencermati ihwal porsi 30 persen yang perlu diperhatikan parpol.

"Selain verifikasi faktual, juga home visit ke rumah pengurus dan anggota Parpol. By name dan by address untuk samplingnya sudah kami kantongi. Tinggal meluncur," katanya.

 

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Terkini

X