• Rabu, 17 Agustus 2022

Unsur Penokohan tak Dapat Diremehkan dalam Membuat Cerpen, Ini Alasannya...

- Kamis, 16 Juni 2022 | 22:40 WIB
Salah satu peserta workshop penulisan cerpen (kanan) sedang berdiskusi tentang unsur penokohan dalam cerpen. ( Foto: Sulistyanto)
Salah satu peserta workshop penulisan cerpen (kanan) sedang berdiskusi tentang unsur penokohan dalam cerpen. ( Foto: Sulistyanto)

BANTUL, harianmerapi.com – Karya sastra wujud cerita pendek (cerpen) sudah tak asing lagi. Tak sedikit nama-nama satrawan yang viral ketika mampu membuat cerpen yang baik dan menarik.

Adapun beberapa unsur yang bisa mempengaruhi agar cerpen bisa baik dan menarik, antara lain tema, alur atau plot serta latar atau setting. Tak dapat diremehkan pula, yakni penokohan dan sudut pandangan tokoh.

Hal tersebut diungkap oleh tutor penulisan cerpen, Eko Triyono, dalam Workshop Penulisan Cerpen, Puisi dan Naskah Lakon bertajuk Daulat Sastra di Sanggar Anak Alam, Kasihan Bantul, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Kasus Khilafatul Muslimin, Polri Telusuri Aliran Dana dari Pihak Luar

“Pada dasarnya sifat tokoh dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu nyata dan tak nyata. Sedangkan dari sisi bentuk, bisa benda dan tak benda dan dari komposisi bisa fisik, psikologis dan sosiologis,” terangya.

Adapun sifat tokoh dapat diungkapkan dengan berbagai cara, antara lain tindakan, ucapan dan pikirannya. Selain itu tempat tokoh tersebut berada, benda-benda di sekitar tokoh, kesan tokoh lain terhadap dirinya serta deskripsi langsung secara naratif oleh pengarang.

Banyak yang sependapat, guna menjaga efektivitas cerita, sebuah cerpen dapat memiliki cukup sekitar tiga tokoh utama saja, sebab jika terlalu banyak tokoh malah bisa mengaburkan jalan cerita.

Baca Juga: Piala Presiden 2022: PSS Sleman Petik Kemenangan Penting Atas Persita Tangerang di Grup A

Adapun sudut pandangan tokoh merupakan visi pengarang yang dijelmakan ke dalam pandangan tokoh-tokoh dalam cerita. Jadi sudut pandangan tersebut sangat erat dengan teknik bercerita.

“Jadi soal penokohan maupun sudut pandangan tokoh termasuk unsur penting dalam membuat karya cerpen dan sudah selayaknya tak bisa diremehkan atau disepelekan,” paparnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X