• Kamis, 19 Mei 2022

Kemenkumham DIY Tetap Lakukan Investigasi Meski Kekerasan Sipir Lapas Narkoba kepada Napi Tak Ditemukan

- Selasa, 2 November 2021 | 21:01 WIB
Budi Argap Situngkir, saat memberikan keterangan pers (Foto: Samento Sihono)
Budi Argap Situngkir, saat memberikan keterangan pers (Foto: Samento Sihono)

SLEMAN,harianmerapi.com-Lapas Narkoba Pakem diguncang isu kekerasan sipir kepada mantan narpaidana. Sejumlah eks napi melaporkan hal ini ke Ombudsman DIY. Hal itu pun lantas dibantah.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkum HAM DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani, menjelaskan meski belum ditemukan soal kekerasan yang dimaksud, investigasi akan terus berlangsung. "Karena ada dua tim, berjalan berbarengan," kata Suwardani.

Salah stau eks napi yang melapor adalah Vincentius Titih Gita Arupadatu. Dia menjadi bagian yang melapor ke Ombudsman DIY.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham DIY Bantah Kekerasan di Lapas Pakem: Tak Ada Toleransi bagi Petugas yang Melanggar

Terkait hal itu, Gusti mengatakan bahwa yang bersangkutan masih merupakan warga binaan. Vincen sedang menjalani cuti bersyarat dan pidananya baru berakhir pada 19 Maret 2022.

"Yang bersangkutan bilang susah mendapatkan haknya, padahal yang bersangkutan sedang melaksanakan cuti bersyarat, jadi bullshit kalau mereka bilang susah mendapatkan haknya," kata Suwardani.

Selain itu Vincen masih ikut dalam program integrasi menjelang kebebasan. Menurut Gusti, Vincen merupakan warga permasyarakatan yang ditangani Bapas Yogya. Meski demikian pihaknya akan tetap akan selidiki lagi.

Baca Juga: Lapas Narkotika Yogyakarta Kedepankan Sistem Pencegahan Suap dan Peredaran Narkotika

Sebelumnya sejumlah mantan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, salah satunya Vincentius Titih Gita Arupadhatu (35) mendatangi kantor Ombudsman RI (ORI) perwakilan DIY, Senin (1/11/2021).

Mereka mengadukan perlakuan tak manusiawi yang dilakukan oleh sipir lapas tersebut yang mereka dapatkan selama menjalani masa hukuman. Ia mendapat pemukulan oleh sipir setiap hari, bahkan ketika tidak melakukan kesalahan apa pun.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X