• Kamis, 18 Agustus 2022

Petani di Gunungkidul Diimbau Gunakan Pupuk Organik untuk Antisipasi Penurunan Produksi

- Rabu, 15 Juni 2022 | 17:22 WIB
Logo Kabupaten Gunungkidul (Pemkab Gunungkidul)
Logo Kabupaten Gunungkidul (Pemkab Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul terus mendorong petani dalam penggunaan pupuk organik.

Penggunaan pupuk organ bertujuan sebagai antisipasi dari dampak jangka panjang penggunaan pupuk kimia yang menyangkut tentang penurunan produktivitas pertanian.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Raharjo Yuwono, menyampaikan agar menggunakan pupuk berimbang dan pemanfaatan pupuk organik sebagai antisipasi menurunnya produktivitas pertanian.

Baca Juga: Ledakan di Banyumas Tewaskan Satu Orang, Tim Labfor Polda Jateng Kumpulkan Barang Bukti, Ini Jenis Ledakannya

“Secara umum petani di Gunungkidul telah banyak menggunakan pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan ternak,” katanya Rabu (15/6/2022).

Sementara Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Sustiwi Ningsih, mengungkapkan, pihaknya dalam dua tahun terakhir menaruh perhatian khusus dalam penggunaan pupuk organik di lahan pertanian.

Dorongan penggunaan pupuk organik dilakukan melalui program Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) di sejumlah kelompok tani.

Baca Juga: Sepasang ABG Diduga Berbuat Mesum di Dalam Mobil di Parkiran Masjid Wonosari Gunungkidul Diamankan Polisi

Penggunaan pupuk kimia dalam jangka waktu yang lama dan berlebihan dapat berdampak pada berkurangnya kesuburan tanah pertanian.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X