• Kamis, 9 Desember 2021

Buruh Kembali Kerja, Sektor Usaha Berangsur Normal Sejak Status Turun Level 2

- Senin, 25 Oktober 2021 | 11:53 WIB
Ilustrasi (Dok Merapi)
Ilustrasi (Dok Merapi)

SUKOHARJO, harianmerapi.com- Aktivitas di sektor usaha berangsur normal. Buruh kembali bekerja seperti biasa termasuk yang sempat dirumahkan. Para buruh juga sudah mendapatkan hak berupa upah sesuai besaran upah minimum kabupaten (UMK) dan berbagai bantuan sosial dari pemerintah.


Namun demikian, buruh terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) belum semuanya terserap kerja sekarang mengingat pelaku usaha masih dalam tahap pemulihan di tengah pandemi virus Corona.

Ketua Forum Peduli Buruh (FPB) sekaligus Ketua Serikat Pekerja Republik Indonesia (SPRI) Sukoharjo, Sukarno, Senin (25/10/2021) mengatakan, aktivitas di sektor usaha khususnya di industri atau pabrik sudah berangsur normal sejak penurunan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 virus Corona.

Baca Juga: Nelayan Pantai Bugel Kulon Progo Butuh Derek Perahu

Penurunan level tersebut diikuti dengan pelonggaran aturan yang diberikan pemerintah.

FPB Sukoharjo sangat lega Kabupaten Sukoharjo akhirnya bisa menurunkan status level dari sebelumnya PPKM darurat menjadi level 4, level 3 dan sekarang level 2. Sektor usaha yang sebelumnya sempat berhenti sementara akhirnya bisa berangsur normal beroperasi kembali.

Kembali beroperasinya sektor usaha ditunjukan dengan masuknya buruh bekerja. FPB Sukoharjo mencatat rata-rata sektor usaha khususnya industri atau pabrik sudah mempekerjakan kembali buruh 100 persen. Para buruh bekerja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat demi mencegah penyebaran virus Corona. Buruh juga diatur bekerja berdasarkan pembagian jam kerja masing-masing.

Baca Juga: Geledah Rumah Dodi Reza Alex Noerdin, KPK Sita Uang Tunai

"Sejak turun level 2 aktivitas di sektor usaha berangsur normal. Sudah ada industri mempekerjakan kembali 100 persen buruh walaupun masih ada beberapa lainnya yang angkanya dikisaran 80 persen-90 persen. Termasuk buruh yang sempat dirumahkan sekarang sudah kembali bekerja dan mendapatkan hak berupa upah sesuai UMK atau aturan berlaku," ujarnya.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X