• Sabtu, 4 Desember 2021

Anak Usia di Bawah 12 Tahun Diperbolehkan Naik KRL dan KA Lokal

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:32 WIB
KRL Jogja-Solo. (File: Arif Septoro Riza Marzuqi)
KRL Jogja-Solo. (File: Arif Septoro Riza Marzuqi)

JOGJA, harianmerapi.com - Pemerintah pusat mengumumkan ketentuan terbaru untuk mobilitas masyarakat menggunakan berbagai moda transportasi publik.

Ketentuan tertuang pada Surat Edaran Satuan Tugas No. 21 tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan nomor 89 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan salah satu perubahan aturan adalah mengenai anak usia di bawah 12 tahun yang diizinkan kembali menggunakan transportasi publik.

Baca Juga: Bus Arema FC Dilempar Batu di Jogja, Pelaku Remaja 15 Tahun Asal Sidoarjo

"Untuk itu anak usia di bawah 12 tahun dapat kembali menggunakan KRL dan KA Lokal sesuai aturan yang berlaku dalam SE Kemenhub nomor 89," ujarnya, Kamis (21/10/2021).

Adapun untuk anak berusia di bawah lima tahun atau balita aturannya tidak berubah yakni dapat menggunakan KRL dan KA Lokal hanya untuk keperluan medis yang disertai dengan surat keterangan atau surat rujukan dari fasilitas kesehatan dan Rumah Sakit.

Aturan terbaru ini berlaku untuk KRL Jabodetabek, KRL Yogyakarta–Solo, KA Lokal Merak–Rangkasbitung PP, dan KA Prambanan Ekspres.

Sementara itu, persyaratan perjalanan untuk kereta perkotaan di dalam satu wilayah aglomerasi masih tetap wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi baik dengan scan aplikasi, menunjukkan sertifikat vaksin digital maupun sertifikat dalam bentuk file digital melalui ponsel.

Baca Juga: Pelaku Tabrak Lari di Moyudan Sleman Jadi Tersangka, Terancam 6 Tahun Penjara

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X