• Selasa, 19 Oktober 2021

Manfaat Awar-awar untuk Bantu Atasi Bisul dan Gatal-gatal

- Jumat, 17 September 2021 | 07:47 WIB
          Bagian daun dan batang awar-awar sebagai obat alami (Foto: Sulistyanto)
Bagian daun dan batang awar-awar sebagai obat alami (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Gangguan kesehatan pada kulit cukup beragam jenisnya, antara lain bisul, gatal-gatal, eksim, koreng, abses dan kudis. Ketika ingin memanfaatkan tanaman berkhasiat obat, ada beberapa pilihan bahkan secara gethok tular sudah biasa dimanfaatkan oleh sebagian warga.

Adapun tanaman liar yang memiliki khasiat kesehatan dan biasa digunakan untuk membantu mengatasi bisul, yakni daun awar-awar maupun daun bandotan.

Salah satu warga asal Sedayu Bantul, Angga W termasuk yang sudah merasakan manfaat atau khasiat daun awar-awar. Ketika dicek di sejumlah sumber, jenis tanaman ini meski tumbuh liar, namun sudah lama dimanfaatkan sebagai obat alami.

Baca Juga: Dapat Bantuan Program Peremajaan Sawit, 157 Petani Mukomuko Sudah Lengkapi Persyaratan

“Warga belum membudidayakan ataupun menanam di lahan khusus, sebab di alam masih cukup banyak dijumpai seperti di pinggir sungai, kebun dan areal persawahan,” terangnya.

Adapun resep sederhana untuk membantu mengatasi bisul dan gatal-gatal, yaitu daun awar-awar yang tak terlalu tua maupun terlalu muda dicuci bersih menggunakan air mengalir. Lalu ditumbuk atau diblender sehingga bisa berwujud pasta.

Bahan ini dioleskan atau diturapkan secara rutin setiap hari, misalnya dua atau tiga kali dalam sehari, yaitu pagi, siang dan malam hari sebelum tidur. Dengan resep sederhana ini diharapkan, keluhan atau gangguan kesehatan tersebut akan segera teratasi tanpa perlu membeli obat-obat berbahan kimia.

Baca Juga: Orang Tua Perlu Perhatikan Catur Pusat Pendidikan Agar Anak Menyejukkan Mata dan Menenteramkan Hati

Bahkan ada resep lain jika digunakan sebagai musuh gatal-gatal, namun masih mirip dengan resep di awal. Caranya, yaitu cukup memanfaatkan lima gram daun awar-awar. Bahan ini setelah dicuci bersih menggunakan air mengalir, lalu diasapi dahulu sampai menjadi layu.

Ketika sudah layu dapat ditumbuk sampai halus. Hasilnya dijadikan layaknya salep dan dioleskan di bagian kulit yang gatal-gatal, sehari bisa cukup dua kali.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawang Dayak Dipercaya Mampu Lancarkan Air Seni

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:26 WIB

Ubi Ungu Kukus Lezat dan Menyehatkan

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:14 WIB

Jaga Tumbuh Kembang Anak untuk Mencegah Stunting

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:07 WIB
X